TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ini Biaya Modifikasi Jok Motor, Harga Sesuai Bahan

Jok motor standar pabrik memang diciptakan paling ideal.
Ini Biaya Modifikasi Jok Motor, Harga Sesuai Bahan
Jok motor modifikasi (VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo)

VIVA.co.id – Jok motor standar pabrik memang diciptakan sedemikian rupa agar tetap nyaman saat digunakan. Tapi, bagi penggila modifikasi, rasanya kurang pas kalau jok motor masih standar, jadi tidak heran kalau bentuk dan bahan kulit jok untuk motor modifikasi macam-macam dan agak sedikit aneh.

Syafrizal, penggawa Gemsta Jok di kawasan Ciledug, mengatakan, umumnya untuk motor kontes paling sofa dan cobra, kecuali untuk motor balap pasti tidak ada penambahan busa. Karena mereka maunya yang tipis atau dipapas.

Urusan harga, ia mengatakan, untuk motor matik dan bebek, menggunakan bahan semi kulit lansiran Mbtech harganya Rp350 ribu, tapi itu hanya penambahan busa dan pergantian kulit jok saja. Menurutnya, jika satu set harganya Rp475 ribu sudah termasuk frame jok.

"Pengerjaan rata-rata paling satu hari, tergantung antrean. Kalau Yamaha NMax dan Honda PCX karena dimensi lebih lebar, untuk biaya penambahan busa dan mengganti kulit Mbtech kami banderol Rp650-800 ribu," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Ciledug, Tangerang, Kamis 22 September 2016.

Ia mengatakan, kalau ingin satu set dengan frame joknya lebih mahal. "Kami patok Rp 1,7 juta untuk satu set. Karena bahan frame joknya orisinil, dan punya Nmax dan PCX terbilang mahal. Untuk masa pengerjaan rata-rata tiga hari, karena dia lebih detil," tuturnya.

Ia mengatakan, harga yang dimaksud diatas itu hitungannya sudah custom. Karena bukan hanya menggunakan satu macam warna saja, bisa tiga warna atau dua warna. Menurutnya, kalau hanya satu warna saja lebih murah.

Pria asal Palembang ini mengatakan, kalau yang murah itu untuk bahan sonik masih sama semi kulit juga tapi kualitasnya jauh dari Mbtech. "Kami banderol Rp 185-200 ribu, untuk matik, bebek, dan motor telanjang seperti Tiger, Vixion dan lain-lain. Kalau satu set Rp 300-350 ribu," tuturnya.

Sementara, untuk dimensi besar seperti Yamaha NMax harganya hanya Rp 350 ribu dan itu penambahan busa dan ganti kulit saja. Kata dia, untuk satu set bahan sonik hanya Rp 1,1 juta jelas lebih murah.

"Ada bahan yang mahal yaitu kanvas seperti Somjin, dan Bridge. Tapi, itu rata-rata bukan motor harian hanya untuk keperluan modifikasi dan balap saja, karena kalau terkena air hujan akan tembus ke busa kakau tidsk dilapisi lagi," tuturnya.

Bukan hanya itu, di Mia Adenco Jok Motor yang berada di kawasan Ciledug harga yang ditawarkan lebih murah. Meskipun, Hermaedi, salah satu pekerjanya mengklaim bahwa bahan kulit Mbtech yang digunakan orisinil.

"Untuk motor matik dan bebek nambah busa saja Rp 35 ribu, kalau ganti kulit macem-macem harganya. Kalau pakai kulit Mbtech harganya Rp 130-150 ribuan. Kecuali kanvas Bridge, dan Somjin harganya Rp 200 ribu itu juga untuk jok-jok tipis," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id.

Sedangkan untuk Yamaha Nmax dan Honda PCX jika hanya ingin menambahkan busa dan mengganti kulit Mbtech harganya dibanderol Rp 800 ribu sampai Rp 1 jutaan. Untuk satu set bisa sampai Rp 1,25 juta.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP