TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jenis Onderdil Mobil yang Susah Dicari

Meski harganya murah, namun yang butuh tidak banyak.
Jenis Onderdil Mobil yang Susah Dicari
Pameran Aksesoris dan Suku Cadang. (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Populasi kendaraan bermotor di Tanah Air yang terus meningkat, membuat onderdil atau suku cadang sangat dibutuhkan. 

Sayangnya, tidak semua onderdil tersedia dalam jumlah yang banyak. Terkadang konsumen harus mencari ke beberapa diler atau toko penyedia onderdil untuk bisa mendapatkan yang mereka butuhkan.

Pemilik toko onderdil Lancar Jaya di Pasar Mobil Kemayoran, Juven, menjelaskan, memang benar ada beberapa onderdil mobil yang sulit didapatkan.

"Pertama itu suku cadang mobil impor. Itu jarang ada. Tapi, beberapa bisa diganti dengan onderdil mobil lain," kata Juven di Jakarta, Kamis 22 September 2016.

Selain itu, onderdil lain yang juga langka di pasaran yaitu bagian kabin mobil, terutama mobil yang sudah berusia tua.

"Itu susah dicari yang untuk interior, misalkan seperti pegangan pintu, dasbor, kisi-kisi AC, dan setir," ujar dia.

Susahnya menemukan onderdil itu, kata dia, karena tidak banyak pemilik mobil yang membutuhkannya. Untuk mengurangi ongkos produksi, pabrikan mobil tidak akan membuat dalam jumlah yang banyak.

"Itu karena jarang laku. Walaupun harganya murah, tapi jarang yang cari. Misalnya sunvisor, itu murah. Tapi karena jarang yang butuh, jadi jarang stok," jelasnya.

Untungnya, toko menyediakan jasa pemesanan, bila konsumen mau menunggu. "Kami sediakan kalau memang mau, tapi inden dua minggu hingga satu bulan," kata dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP