Pajak Mahal, Pabrikan Mobil Enggan Bikin Sedan di RI

Toyota New Camry
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan mengajukan secara resmi kepada pemerintah, perihal penurunan tarif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) kendaraan jenis sedan, dalam waktu dekat.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi mengungkapkan, saat ini Gaikindo masih melakukan kajian soal penurunan tarif PPnBM sedan dari 30 menjadi 10 persen.

"Studinya lagi berjalan. Ada permintaan dari Kementerian Perindustrian, kalau itu diterapkan, dampak positif dan negatifnya seperti apa. Ini sedang kita kerjakan," kata Yohanes saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 22 September 2016.

Mitsubishi Janji Tingkatkan Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Gaikindo, lanjut dia, ingin tarif PPnBM sedan sama seperti kendaraan model hatchback dan multi purpose vehicle (MPV).

"Pasar sedan sangat kecil, tidak bisa berkembang di Indonesia. Dengan pasar sedan kecil, tidak ada pabrikan yang mau membuat sedan di Indonesia," ungkapnya.

Bukan Esemka, Ini Mobil yang Diekspor dan Bikin Bangga Jokowi

Menurutnya, industri mobil sedan perlu diperkuat, lantaran pasar ekspor butuh kendaraan jenis itu.

"Ekspor kendaraan kita kecil, satu tahun cuma 200 ribu. Sementara, Thailand satu tahun bisa ekspor 800 ribu hingga 1 juta kendaraan. Ini yang mau kita makan (saingi)," katanya.

All New Honda BR-V dipamerkan di Medan.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

PT Honda Prospect Motor (HPM) sejauh ini sudah 7 negara yang diekspor All New Honda BR-V buatan Indonesia dari 30 negara yang tertarik diekspor juga.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2022