Haram Hukumnya Jok Motor Disemir, Kenapa?

Agar tetap awet, jok motor sebaiknya tak kena sinar matahari langsung.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Semir ban atau cairan pengkilap bodi motor memang mempunyai fungsi sebagai pengkilap. Tapi, tidak seharusnya cairan yang dapat membuat bodi atau ban mengkilap itu digunakan pada jok motor.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Syafrizal, penggawa Gemsta Jok mengatakan, di full steam saja tidak pernah menawarkan jok motor untuk disemir. Menurutnya, penggunaan semir pada jok bahan semi kulit hanya membuat mengkilap, sedangkan bahayanya jok menjadi licin.

Pria asal Palembang ini mengatakan, jok tidak boleh disemir karena bahaya. Sebab jok jadi mudah kaku, dan retak. Bahkan, meskipun jok itu sudah dicuci akan licin terus dan membuat pengendara dan penumpang tidak nyaman.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

"Memang terlihat mengkilap, tapi bahan kimia pada semir ban atau pengkilap bodi itu terlalu tinggi," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Ciledug, Tangerang, Kamis 22 September 2016.

Ia mengatakan, efek buruk jika sering terkena panas untuk jok yang sudah disemir akan mudah mengeras. Menurutnya, bahan kimia itu mudah terkontaminasi dengan bahan semi kulit jika terkena paparan sinar ultra violet (UV).

Modifikasi Motor Baru, Catat Hal-hal Ini Agar Garansi Tak Gugur
Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Harley-Davidson dengan roda tiga ini menjadi yang terbaik pada ajang Kustomfest 2023 yang berlangsung di Yogyakarta. Motor tersebu digarap bengkel asal Ciputat, Tanngsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023