TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Haram Hukumnya Jok Motor Disemir, Kenapa?

Selain akan merusak bahan, semir jok juga sangat berbahaya.
Haram Hukumnya Jok Motor Disemir, Kenapa?
Tidak seharusnya semir ban atau pengkilap bodi digunakan pada jok motor. Berbahaya. (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVA.co.id – Semir ban atau cairan pengkilap bodi motor memang mempunyai fungsi sebagai pengkilap. Tapi, tidak seharusnya cairan yang dapat membuat bodi atau ban mengkilap itu digunakan pada jok motor.

Syafrizal, penggawa Gemsta Jok mengatakan, di full steam saja tidak pernah menawarkan jok motor untuk disemir. Menurutnya, penggunaan semir pada jok bahan semi kulit hanya membuat mengkilap, sedangkan bahayanya jok menjadi licin.

Pria asal Palembang ini mengatakan, jok tidak boleh disemir karena bahaya. Sebab jok jadi mudah kaku, dan retak. Bahkan, meskipun jok itu sudah dicuci akan licin terus dan membuat pengendara dan penumpang tidak nyaman.

"Memang terlihat mengkilap, tapi bahan kimia pada semir ban atau pengkilap bodi itu terlalu tinggi," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Ciledug, Tangerang, Kamis 22 September 2016.

Ia mengatakan, efek buruk jika sering terkena panas untuk jok yang sudah disemir akan mudah mengeras. Menurutnya, bahan kimia itu mudah terkontaminasi dengan bahan semi kulit jika terkena paparan sinar ultra violet (UV).

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP