Mengenal Dua Jagoan Baru Ferrari, 488 Spider dan 488 GTB

Ferrari 488 Spider diperkenalkan di Jakarta.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ferrari Jakarta secara resmi memperkenalkan mobil terbarunya, Ferrari 488 Spider, beberapa waktu lalu. Mobil ini merupakan regenerasi dari mobil sebelumnya, Ferrari 488 GTB (Gran Turismo Berlinetta).

Mobil Ferrari Tabrak 5 Kendaraan dan Pembatas Jalan

Lalu apa beda keduanya?

CEO Ferrari Jakarta, Arie Christopher mengatakan, untuk masalah mesin dan juga komponen lainnya sebenarnya 488 Spider masih tetap sama dengan model sebelumnya (488 GTB).

Ferrari Luncurkan Mobil Baru, Gak Boleh Dibeli Sembarang Orang

"Mesin masih sama dan juga platform masih sama, sedangkan fitur juga masih sama seperti model pendahulunya. Fitur Apple Car Play misalkan, di 488 GTB juga sudah ada," kata Arie.

Namun, meskipun sama, ia mengatakan terdapat beberapa hal yang membuatnya berbeda dari model sebelumnya.

Dijual Online, Harga Ferrari Bekas Ini Bikin Minder Mobil Mewah Baru

"Misalnya seperti model atap, kalau yang Ferrari 488 Spider sudah menggunakan model atap retractable hard top (RHT), sehingga mekanismenya juga beda. Bahan juga semuanya alumunium. Kalau model sebelumnya atap itu 40 kg, dimodel ini hanya 25 kilogram," kata dia.

Karena terbuat dari alumunium, kata dia, sehingga bisa mereduce berat yang cukup signifikan. Roof juga lebih ringan serta requirement penyimpanan roof kecil hanya butuh tempat 100 liter dari 150 liter model sebelumnya. "Kecil beratnya mereduksi. Makanya tidak beda jauh," tutur dia.

Selain itu, kata dia, perbedaan lainnya yaitu terletak pada konsep berkendara model 488 Spider dengan 488 GTB saat berada di belakang kemudinya.

"Jadi pemiliknya merupakan mereka yang ingin merasakan sensasi berkendara V8 engine dengan atap terbuka. Artinya, mobil tidak terlalu hardcore seperti coupe. Kalau yang model spider ini pengendaliannya tetap dinamis tapi enak digunakan di udara terbuka, lebih ke lifestyle," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya