Jok Motor Tiba-tiba Ngadat Tak Mau Dibuka, Ini Solusinya

Perangkat elektronik di jok motor.
Sumber :
  • Suzuki

VIVA.co.id – Anda tentu akan sangat malu saat akan mengisi bahan bakar justru jok ngadat tak mau dibuka. Nah, sebenarnya ada tips yang dapat Anda lakukan jika jok sepeda motor Anda ngadat tak bisa dibuka.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ada beberapa penyebabnya jika jok motor tidak bisa terbuka. Bimo, mekanik Baru Motor Sport (BMS) mengatakan, biasanya jok yang tidak bisa terbuka itu karena motor sudah berumur. Yang disebabkan kotoran menumpuk dan karat di rumah kunci, sehingga engsel pengaitnya tak bergerak.

"Biasanya ada beberapa masalah juga kalau jok tidak bisa terbuka, bisa dari kunci, dan tali pada pengaitnya copot atau tidak tersangkut dan itu sebenarnya bisa diatasi dengan mudah," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di BMS, Palmerah, Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ia mengatakan untuk mengakalinya, misalnya motor jenis Honda Vario bisa langsung dari cover belakang lampunya yang dilepas. Setelah itu dicungkil saja dengan obeng yang panjang pada pengait engselnya.

Kecuali, untuk motor bebek dan motor matik lainnya, yang diharuskan membuka bodi belakang. "Kalau kuncinya yang sudah haus, itu bisa disemprotkan WD40 di lubang kunci,  agar lebih mudah nyangkut," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lebih lanjut ia mengatakan, jika rumah kunci di dalam yang sudah berkarat atau engselnya sudah nyangkut, dan kunci jok sudah terbuka dengan cara dicongkel obeng (-) tadi bisa disemprotkan WD40 dan diberikan gemuk pada rumah kunci agar pegerakan engsel lancar.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022