TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jok Motor Tiba-tiba Ngadat Tak Mau Dibuka, Ini Solusinya

Kenali juga beberapa penyebabnya.
Jok Motor Tiba-tiba Ngadat Tak Mau Dibuka, Ini Solusinya
Perangkat elektronik di jok motor. (Suzuki)

VIVA.co.id – Anda tentu akan sangat malu saat akan mengisi bahan bakar justru jok ngadat tak mau dibuka. Nah, sebenarnya ada tips yang dapat Anda lakukan jika jok sepeda motor Anda ngadat tak bisa dibuka.

Ada beberapa penyebabnya jika jok motor tidak bisa terbuka. Bimo, mekanik Baru Motor Sport (BMS) mengatakan, biasanya jok yang tidak bisa terbuka itu karena motor sudah berumur. Yang disebabkan kotoran menumpuk dan karat di rumah kunci, sehingga engsel pengaitnya tak bergerak.

"Biasanya ada beberapa masalah juga kalau jok tidak bisa terbuka, bisa dari kunci, dan tali pada pengaitnya copot atau tidak tersangkut dan itu sebenarnya bisa diatasi dengan mudah," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di BMS, Palmerah, Jakarta.

Ia mengatakan untuk mengakalinya, misalnya motor jenis Honda Vario bisa langsung dari cover belakang lampunya yang dilepas. Setelah itu dicungkil saja dengan obeng yang panjang pada pengait engselnya.

Kecuali, untuk motor bebek dan motor matik lainnya, yang diharuskan membuka bodi belakang. "Kalau kuncinya yang sudah haus, itu bisa disemprotkan WD40 di lubang kunci,  agar lebih mudah nyangkut," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika rumah kunci di dalam yang sudah berkarat atau engselnya sudah nyangkut, dan kunci jok sudah terbuka dengan cara dicongkel obeng (-) tadi bisa disemprotkan WD40 dan diberikan gemuk pada rumah kunci agar pegerakan engsel lancar.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP