Mengecas Ponsel di Motor Bisa Bikin Aki Tekor?

Charger USB di motor.
Sumber :
  • Youmotorcycle

VIVA.co.id – Beberapa pengendara sepeda motor yang melakukan perjalanan jauh pasti membutuhkan ponsel yang bisa digunakan sebagai penunjuk arah. Namun, lamanya penggunaan bisa menghabiskan baterai ponsel tersebut.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Oleh karenanya, tidak sedikit pemotor yang memasang perangkat cas ponsel dengan konektor USB. Alat ini bisa dibeli di toko-toko aksesori motor seharga Rp70 ribu.

Pemilik salah satu toko aksesori motor, Agung mengungkapkan, pemasangan charger USB bisa dilakukan sendiri. Namun, konsumen juga dapat meminta toko untuk memasangnya.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

"Pemasangan tinggal disambungkan langsung ke aki, dengan cara hubungkan dua kabel charger ke kutub positif dan negatif. Taruh (charger USB) di setang motor," kata Agung saat berbincang dengan VIVA.co.id di Kawasan Otista, Jakarta, Jumat 23 September 2016.

Pengoperasiannya pun terbilang mudah, yakni dengan cara menekan sakelar. "Tinggal tekan sakelar on untuk menghidupkan dan off untuk matikan," ujarnya.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Sistem charger ponsel ini, kata dia, tak akan mengganggu kinerja aki. Agung menegaskan, kecil kemungkinan aki mengalami tekor. Sebab, pengecasan hanya mengonsumsi arus 400 mAh (milliampere-hour) saja.

Menurut dia, kondisi ponsel juga nantinya akan aman, karena walaupun tegangan aki motor naik turun, charger USB bisa menstabilkannya.

"Lebih murah pasang charger USB ketimbang pakai powerbank, dan tidak perlu bolak-balik isi ulang," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya