TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Mudah Rawat Jok Kulit Motor Agar Awet

Jok juga butuh perwatan, tapi banyak yang tak tahu.
Cara Mudah Rawat Jok Kulit Motor Agar Awet
Agar tetap awet, jok motor sebaiknya tak kena sinar matahari langsung. (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVA.co.id – Banyak yang tidak mengetahui bahwa jok motor kesayangan juga butuh perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Sebab, pada dasarnya bahan jok custom dan bawaan pabrik berbahan semi kulit.

Syafrizal, punggawa Gemsta Jok mengatakan, kalau ingin jok motor berbahan semi kulit tetap bagus usahakan jangan sering terkena panas matahari, karena selain warnanya pudar juga banyak efek buruknya.

"Saat terkena sinar matahari langsung bahan kulit itu mudah retak dan mengeras. Memang dalam jangka waktu lama, tapi tidak ada salahnya dihindari," ujar Syafrizal, saat ditemui VIVA.co.id di Ciledug, Tangerang.

Ia mengatakan, kalau sudah mulai kotor juga segera lakukan pencucian agar tidak membekas. "Kalau ingin dicuci, gunakan sampo motor. Tapi jangan diberikan air terlebih dahulu dan cukup menggunakan busa. Setelah itu baru dibilas air," tuturnya.

Menurutnya, jika jok sering disikat itu akan membuatnya rusak. Kata dia, sikat itu terlalu tajam bisa merusak permukaan bahan semi kulit.

Ia mengatakan, untuk jok bernahan kanvas dilarang dicuci, sebab bahan kanvas atau kain kalau terkena air akan tembus ke busa jok. "Kalau mau dibersihkan gunakan lap microfiber atau kanebo lembab," tuturnya.

 

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP