TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Sederhana Bikin Audio Mobil Jadi Lebih Merdu

Pilih tweeter yang sudah satu paket dengan mid-bass dan crossover.
Cara Sederhana Bikin Audio Mobil Jadi Lebih Merdu
Speaker Cello Pro. (Yasin Fadilah/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Untuk melepas penat dan kebosanan saat berada di dalam mobil, beberapa pemilik kendaraan mengganti sistem audio dengan yang lebih berkualitas, agar suara yang dihasilkan menjadi lebih merdu dan kaya nada.

Penggantian bisa saja hanya pada bagian head unit, agar fiturnya lebih komplet. Namun, tak jarang pemilik mobil juga menambah jumlah pengeras suara atau speaker, agar nada yang dihasilkan bisa lebih beragam.

General Manager Cello Audio, Ronny Wihardja, mengatakan, ada beberapa tips untuk memilih pengeras suara jenis tweeter.

"Pertama, tweeter harus kompatibel dengan speaker bawaan mobil. Karena, tweeter ada jangkauan frekuensi, detail dan sensitivitasnya. Kalau saran saya, cari yang cocok dengan speaker mobil. Harus matching dengan speaker mid-bass," kata Ronny kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Selain itu, usahakan membeli speaker yang sudah satu paket, karena tingkat keserasiannya lebih terjamin.

"Ada beberapa merek yang menawarkan speaker satu paket, berisi tweeter, mid-bass dan passive crossover. Pasti matching," ujar dia.

Langkah selanjutnya, kata Ronny, pastikan pemasangannya juga sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Hal ini berguna untuk menjaga agar suara tweeter terdengar lebih baik.

"Jadi, mesti diperhatikan juga posisi pemasangannya, sesuai rekomendasi merek tersebut. Kalau mid-bass pasti di pintu. Tapi kalau untuk tweeter, ada yang cocok dipasang di kick panel atau di pilar A," jelasnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP