TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Beda Perawatan Mobil Mesin Diesel dan Bensin, Wajib Tahu

Ada beberapa perbedaan terutama soal perawatan.
Beda Perawatan Mobil Mesin Diesel dan Bensin, Wajib Tahu
Mesin diesel milik Toyota Innova terbaru. (Rushlane)

VIVA.co.id – Di Indonesia dikenal beberapa jenis mesin mobil, ada yang menggunakan bahan bakar bensin dan juga solar. Keduanya memiliki karakteristik masing-masing, dan tentunya memiliki beberapa kelebihan dan perbedaan.

Bagi Anda yang sedang kebingungan mencari mobil yang terbaik bagi kendaraan, mungkin ini bisa menjadi bahan rujukan Anda membedakan mesin diesel dan juga premium.

VIVA.co.id mencoba menanyakan perbedaan perawatan antara mobil yang berbahan bakar solar dan juga bensin. Dari semuanya, banyak yang menilai, karena tidak menggunakan pengapian, biaya perawatan mesin diesel lebih murah. Benarkah?

Manager Bengkel Tekhnik Delta Turbo Diesel Stefanus Herriejady mengatakan, sebetulnya perawatan mesin yang mengadopsi bahan bakar diesel dan bensin tidak memiliki perbedaan yang khusus.

"Sebenarnya sama saja, secara umumnya, pada mesin yang diesel dan bensin tidak jauh berbeda komponennya, memang ada beberapa tapi sama saja perawatannya," kata Stefanus kepada VIVA.co.id.

Perbedaan yang signifikan, kata dia, hanya pada komponen yang perlu mendapatkan perawatan khusus saja. "Iya, paling bedanya komponen yang perlu mendapatkan perhatian serius, kalau diesel yang paling penting itu perawatan saringan udara, saringan oli, oli mesin, dan filter bahan bakar," kata dia.

Sedangkan yang bensin, Stefanus mengatakan ada penambahan komponen busi yang juga harus mendapatkan perhatian dan pergantian. Bila tidak, hal itu akan menyebabkan kerja tidak efisien, apalagi  lebih sering menggunakan bensin.

"Selain itu, kalau mesin bensin harus rutin juga lakukan tune up, ada setel klep, gep busi, kalau didiesel kan jarang dilakukan," kata dia.

Meski begitu, Stefanus mengatakan ada beberapa komponen untuk mesin diesel yang memang harganya lebih mahal dibandingkan mesin bensin. Stefanus menjabarkan beberapa komponen tambahan yang mesti dilakukan bagi pengguna mesin diesel.

"Memang pada saat harus servis injektor, injektor pump ya lumayan. Tapi tidak terlalu sering, ya range-nya mulai dari Rp700 ribu sampai Rp5 hingga Rp6 juta. Termasuk spare part-nya. Ini bedanya diesel dan bensin," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP