TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Catat, Mobil Bermesin Diesel Tidak Lagi Antibanjir

Mobil diesel zaman sekarang banyak memakai sistem kelistrikan.
Catat, Mobil Bermesin Diesel Tidak Lagi Antibanjir
Mobil terendam banjir (www.autoevolution.com)

VIVA.co.id – Anggapan mesin diesel yang dianggap kuat menerjang banjir, rupanya sudah tidak berlaku lagi saat ini. Pasalnya, dengan teknologi terbaru yang dimiliki, mobil bermesin diesel juga tetap memiliki risiko yang sama dengan mobil berbahan bakar bensin.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Manager bengkel Tekhnik Delta Turbo Diesel, Stefanus, saat ditemui VIVA.co.id di Klender, Jakarta Timur.

"Kalau untuk mesin mobil diesel konvensional, masih boleh. Tapi kalau yang sekarang, tidak. Mobil diesel sekarang sudah menganut sistem common rail," kata Stefanus.

Ia mengatakan, mesin common rail memakai banyak sistem kelistrikan. Jika sistem tersebut terkena air, maka bisa terjadi korsleting.

"Kalau sensor belum pernah dibuka, tidak bahaya. Yang bahaya itu saringan udara dan ECU (electronic control unit). Makanya mesin diesel zaman dulu tidak ada masalah, karena tidak banyak komponen listrik," jelasnya.

Itu sebabnya, ia menyarankan agar semua jenis mobil tidak menerjang genangan banjir. Lewati genangan dengan pelan dan pastikan ketinggian air tidak melebihi batas.

 

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP