SDM Jadi Alasan Mobil Esemka Belum Dihadirkan

Pembangunan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVAcoid/Agus Saptono

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), produsen mobil Esemka, berencana meluncurkan mobil berjenis pikap pada Agustus tahun ini.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

Namun hingga kini, belum ada tanda-tanda kehadiran mobil tersebut. Bahkan, keinginan untuk tampil diajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 juga tidak dilakukan.

Lalu, apa alasan mobil perdana Esemka belum diluncurkan?

Lihat Mobil Ini Diangkut Polisi, Netizen Sebut Gaib

Direktur PT ACEH, Hosea Sanjaya menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus mempersiapkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan. 

"Karena kami mau mengembangkan industri otomotif, berarti kami harus bangun pabrik, dan otomatis perlu sumber daya. Yang paling utama sumber daya manusianya (SDM)," kata Hosea kepada VIVA.co.id, Sabtu 24 September 2016.

Ignasius Jonan Beli Esemka, Satu Garasi Bareng Mobil Rp1 Miliar

Hosea juga menegaskan, apabila ingin membangun suatu produk yang kompetitif, maka harus mengembangkan sumber daya manusia untuk dapat bertahan dan bersaing, khususnya dalam industri otomotif.

"Manusia yang ada di dalam harus dikuatkan. Kalau tidak, produknya hanya ada dalam satu era tertentu saja. Setelah itu, tidak bisa bersaing," ujar Hosea.

Mobil SUV buatan VinFast

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

Proyek bomnas Vietnam diberi nama Vinfast.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2020