TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Fenomena Avanza, Suku Cadang Tersedia hingga Pelosok

Mobil MPV hingga kini masih jadi primadona masyarakat.
Fenomena Avanza, Suku Cadang Tersedia hingga Pelosok
Toyota Avanza di pegunungan Jawa Tengah (Dok. TAM)

VIVA.co.id – Mobil serbaguna seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga kini masih jadi primadona masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak mobil MPV yang ada di Tanah Air, ada model mobil yang paling banyak dijumpai di jalanan, yaitu Toyota Avanza.

Sejak 2004 hingga 2016, tercatat lebih dari 1,4 juta unit Toyota Avanza dan Veloz  telah laku terjual. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan wholesales --pabrik ke diler-- Avanza dan Veloz rata-rata mencapai 10 ribu unit per bulan.

Namun, ada yang menarik dari mobil berjuluk sejuta umat ini. Suku cadangnya tampak mudah sekali ditemui, meski di pelosok wilayah Indonesia sekali pun. Hal ini tentunya menjadi salah satu nilai lebih bagi para pemiliknya.

“Saya suka jalan-jalan, dan saat ada parts yang tiba-tiba harus diganti, parts-nya ada saja walau di pelosok,” kata Ketua AXIC Chapter Solo, Jawa Tengah, Siwa Bala saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 23 September 2016.

Menurutnya, Avanza juga diminati banyak orang termasuk para anggota komunitasnya karena dianggap efisien, dapat mengangkut banyak orang dan barang, hingga biaya perawatan yang murah.

Beberapa hal lainnya yang menjadi pendukung mobil itu karena purnajualnya yang tinggi, serta terpenting irit bahan bakar.

Kendati beberapa tahun belakangan banyak model MPV bermunculan, namun tak menggoyahkan sebagian besar penggila mobil berkabin lega itu.

Tak pernah rewel

Pria yang memiliki dua unit Avanza dan satu unit Veloz itu mengaku, mobil itu juga tak rewel meski diajak jalan jauh saat plesiran dengan anggota keluarga. "Cukup mengganti oli secara rutin, masalah tak akan banyak terjadi," katanya.

Dia menyatakan, ada satu hal yang perlu diperhatikan pemilik Avanza-Veloz, yakni soal bahan bakar yang digunakan. Mobilnya sendiri tak pernah rewel dan prima dengan bahan bakar bensin oktan 92 alias Pertamax.

“Dengan oktan tinggi, ini juga pengaruh pada mesin jadi lebih awet dan jarang ke bengkel. Secara grafik yang saya buat, kalau pakai oktan tinggi saya bisa menghabiskan satu liter untuk 16 kilometer, kalau pakai premium paling hanya 12 kilometer,” kata dia.

Menyandang mobil keluarga, kapasitas Avanza diakui cukup membantu Siwa saat melakukan mobilitas sehari-hari atau pun berlibur bersama keluarga besar. Menurut dia, mobil miliknya ini cukup mumpuni secara keseluruhan.

“Saat liburan, banyak keluarga saya datang, karena mobil kabinnya luas, semua terangkut,” katanya.

Jadi sudah tepat memilih Avanza atau Veloz, selain karena lega, suku cadang juga mudah di temukan di mana-mana.

KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP