TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mengenal Komunitas Mobil Eropa Tertua di Indonesia

Anggota mudah mencari onderdil berkat adanya jaringan di luar negeri.
Mengenal Komunitas Mobil Eropa Tertua di Indonesia
Volvo Club Of Indonesia (VCOI) (Dok: VCOI)

VIVA.co.id – Volvo Club Of Indonesia (VCOI) adalah sebuah komunitas mobil yang resmi terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Komunitas Klub Mobil Eropa (K2ME). Anggota komunitas ini terdiri dari para pemilik mobil Volvo dan juga mereka yang menggemari semua hal mengenai Swedia.

Ketua Penasehat VCOI, Ahmad Rulantova (Rully) mengatakan, VCOI adalah komunitas mobil Eropa tertua di Indonesia. Komunitas ini berdiri sejak 19 Januari 2001 dan saat ini memiliki 12 chapter di Pulau Jawa dan Bali. Jumlah anggotanya hingga kini kurang lebih 600 orang.

Selain berkumpul untuk membahas permasalahan mobil Volvo setiap minggu, sesekali mereka juga mengadakan coaching clinic, yakni mendatangkan ahli untuk memberi penjelasan secara detail soal mesin, transmisi dan komponen mobil lainnya.

Uniknya, anggota komunitas ini memiliki profesi yang beragam, mulai dari pengusaha hingga pelajar dan mahasiswa. Umumnya, mereka mendapatkan mobil bongsor buatan Swedia itu dari ayah atau kakek mereka.

Jenis mobil yang dimiliki juga bermacam-macam, mulai dari P1800 yang terkenal di film seri The Saint hingga XC60 keluaran terbaru.

Onderdil menjadi salah satu masalah yang kerap dialami pemilik Volvo, khususnya untuk seri yang usianya sangat tua, seperti Seri 2 dan Seri 7.

“Bagi anggota yang susah mencari onderdil karena mobilnya sudah lawas, kami membuka jalur ke Thailand dan Malaysia. Kami membuka jaringan ini sejak lima tahun lalu,” ungkap Rully saat ditemui di Jakarta Barat.

Sebagai informasi, VCOI menjalin kerja sama dengan beberapa komunitas Volvo di luar negeri. Bahkan, komunitas ini juga mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Swedia di Indonesia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP