Lampu Motor Sering Putus, Ini Penyebabnya

Lampu motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Beberapa pengguna sepeda motor tentu pernah mengalami lampu depan mati mendadak tanpa disadari. Selain bisa terkena tilang polisi, lampu yang mati tentu bikin susah pengendara saat melaju di malam hari.

Cara Mudah Dongkrak Performa Mobil, Ada di IIMS 2024

Masalah lampu mati tidak hanya dialami oleh pemilik motor lawas saja, namun juga motor-motor keluaran terbaru. Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan lampu motor sering mati?

Penggawa bengkel Rizki Motor di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Fendi mengatakan, penyebab lampu motor sering mati yakni karena posisi pemasangan yang tidak sempurna

PLN Padamkan 4 Gardu HIndari Warga dari Potensi Sengatan Listrik di Lokasi Banjir Grobogan

"Biasanya, lampu itu kan masa usia pakainya berbulan-bulan. Kalau kurang dari satu bulan pemakaian sudah mati, itu umumnya karena pemasangannya kurang pas," kata Fendi saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin, 26 September 2016.

Biasanya, kata Fendi, dudukan, pengait atau soket lampu sudah mengalami kerusakan. Akibatnya, timbul panas berlebih yang merusak titik kontak lampu dan soket.

PLN Indonesia Power Sinkronisasi BMPP Nusantara 1 ke Sistem Ambon, Pasokan Listrik Tambah 10 MW

"Akibatnya, lampu jadi tidak stabil dan mengakibatkan cepat putus. Penggunaan lampu yang tidak asli juga bisa membuat korslet dan akhirnya lampu cepat mati," ujar dia.

Jika soket atau dudukan lampu sudah rusak, maka harus diganti dengan yang baru. "Ganti saja, karena tidak bisa diakalin lagi. Harus ganti, supaya tidak sering mati.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya