Cuci Mobil Hidrolik Ternyata Berbahaya?

Mencuci mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA.co.id – Aktivitas mencuci di tempat pencucian umum sepertinya memang menjadi solusi alternatif para pemilik kendaraan di perkotaan. Alasannya beragam, mulai dari tak ada waktu untuk mencuci sendiri, tak ada lahan luas untuk mencuci, hingga alat yang kurang mendukung ketimbang di tempat pencucian umum.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kini, jasa pencucian umum untuk kendaraan roda empat selalu didukung dengan perangkat lift hidrolik. Perangkat itu memudahkan pencucian mobil sehingga bagian sulit dijangkau seperti area kolong mobil ikut terpantau untuk penghapusan kotoran.

Namun, ada pemeo yang menyebutkan jika mencuci mobil dengan lift hidrolik justru akan membuat masalah baru, yakni rentannya sektor suspensi terhadap kerusakan. Menurut sejumlah literasi seputar hal ini, kasus tersebut disebabkan ketika sistem suspensi dan kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengubah spooring, sehingga disarankan agar mencuci mobil menggunakan lift hidrolik maksimal dilakukan dua kali dalam sebulan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menanggapi hal itu, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, cuci mobil menggunakan lift hidrolik atau diangkat sebetulnya tidak berpengaruh apa-apa terhadap mobil.
"Tidak masalah, yang terpenting itu asalkan titik angkat dudukan penyangganya benar dan tidak melenceng," kata Anjar saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 26 September 2016.

Kata Anjar, hal ini penting untuk diperhatikan, lantaran masing-masing mobil, merek apapun, pasti memiliki titik angkat sendiri-sendiri. "Ya, itu titik angkat tiap mobil ada informasinya di owners manual tiap-tiap mobil, jadi tidak berbahaya," ujar dia.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Ia kembali menegaskan, pemilik mobil tak perlu khawatir jika titik angkat sudah diperhatikan dengan seksama. "Enggak masalah kok, aman dan jangan khawatir karena sudah didesain dengan keamanan yang baik," tutur dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022