TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Pelek Motor Paling Bagus Menurut Tukang Servis

Pelek motor matik sebagian besar tidak bagus.
Pelek Motor Paling Bagus Menurut Tukang Servis
Pelek sepeda motor

VIVA.co.id – Salah satu komponen yang kerap diganti oleh penggemar modifikasi motor adalah pelek. Hal ini umumnya dilakukan para pemilik motor matik, agar tampilan kaki-kaki motor terlihat lebih kekar.

Namun, kualitas pelek aftermarket kerap dilupakan oleh pemilik motor. Padahal, pelek bekerja ekstra keras menahan guncangan saat motor melibas jalan yang tidak rata.

"Sampai saat ini, saya belum pernah menemukan bahan yang bagus untuk pelek motor matik aftermarket. Kalau rusak dan di-press, rata-rata pecah. Pelek standar masih lumayan," kata Pemilik bengkel servis pelek JBB, Muhammad Rois, kepada VIVA.co.id, Senin 26 September 2016.

Ia mengungkapkan, pelek motor matik bawaan Astra Honda Motor (AHM) lebih baik daripada merek lainnya. Karena, konstruksinya yang lebih kuat dan lentur, sehingga tidak rusak parah saat mengalami kecelakaan.

Sementara untuk motor jenis sport atau bebek, setiap pelek bawaan pabrik maupun aftermarket memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Pelek matik tidak ada yang bagus. Motor bebek dan sport masih lumayan. Pelek yang terkenal itu NK, itu merek paling bagus. Harganya masing-masing motor beda. Kalau untuk motor bebek, kisarannya Rp3,5 juta (versi balap)," ujarnya.

Untuk itu, dia menyarankan kepada konsumen untuk mencari tahu bahan pelek yang akan dibeli. Lebih bagus lagi bila memilih pelek bawaan pabrik motor, karena keras seperti besi namun cukup lentur untuk menghadapi jalan rusak.

"Yang bagus kayak punya Suzuki Skywave. Peleknya kuat, tapi kalau rusak parah justru tidak bisa diperbaiki, karena pecah saat di-press. Enggak elastis," ungkapnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP