Panduan Mendongrak Mobil, Tak Banyak yang Tahu

Dongkrak mobil Holden Captiva.
Sumber :
  • Caradvice

VIVA.co.id – Salah satu kejadian yang tidak dapat dihindari oleh pengguna mobil yaitu ban kempis. Hal ini tak bisa dihindari, mengingat ban menempel pada jalan setiap saat.

Tidak Semua Pemilik Mobil Tahu Cara Pakai Dongkrak yang Benar

Namun, ketika ban kempis atau bocor, banyak pemilik mobil yang tidak mengerti cara mendongkrak mobil dengan benar dan aman. Walaupun sederhana, tapi cara mendongrak yang tidak sesuai aturan bisa saja mencelakakan diri Anda.

Kepala bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Ma'ruf Zainudin, memberikan beberapa tips mudah mendongkrak mobil yang aman dan nyaman.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Pertama, jelas perhatikan posisi mobil yang sedang mengalami kebocoran. Apabila masih di tengah jalan, pinggirkan sehingga aman," kata Ma'ruf kepada VIVA.co.id.

Kedua, posisikan mobil di tanah yang lapisannya keras dan kering. Hal ini dilakukan agar dongkrak mendapat tumpuan yang kuat. Setelah itu, buka baut roda mobil secara menyilang, sesuai petunjuk yang tertera di buku manual.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Posisikan dongkrak di titik yang sesuai buku manual, agar kinerja dongkrak lebih efisien dan tidak merusak komponen mobil.

"Posisi menentukan prestasi. Setelah itu, ambil alat dongkrak dan cari posisi besi yang ada di dekat suspensi mobil. Bahannya baja, sehingga aman untuk dijadikan tumpuan. Pada saat buka baut, jangan lupa rem tangan ditarik, supaya tidak berputar rodanya," ujar dia.

Ketiga, ganti ban yang kempis dengan ban cadangan. Pastikan ban cadangan bisa dipakai dan tidak kempis. Karena sering disimpan di bagasi, pemilik mobil kerap melupakan perawatan ban cadangan, sehingga bisa saja ban tersebut tidak layak pakai.

Jika sudah selesai, pasang baut secara menyilang. "Jangan dikencangkan dulu. Turunkan dongkrak, baru kencangkan semua baut," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya