TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Bermasalah, Nissan Ganti Airbag dengan Merek Takata Lagi

Nissan Indonesia juga menggelar recall besar-besaran.
Bermasalah, Nissan Ganti Airbag dengan Merek Takata Lagi
Para pekerja di pabrik Takata (Reuters)

VIVA.co.id – PT Nissan Motor Indonesia menarik kembali (recall) tiga model mobilnya yakni Grand Livina/Livina/X-Gear, Latio, dan Navara. Recall dilakukan karena airbag ketiga model mobil itu berpotensi membahayakan pengemudi.

Recall yang masuk dalam kampanye global ini berlaku untuk Grand Livina/Livina/X-Gear produksi April 2007 – November 2013, Latio produksi Agustus 2006 – Agustus 2009, Navara produksi Januari 2011 - Desember 2014.

Diketahui ketiga model ini menggunakan kantong udara atau airbag Takata. Dan menurut Nissan, airbag yang ditanamkan pada ketiga mobil itu bermasalah. Ironisnya, Nissan menggantinya masih dengan menggunakan produk Takata.

"Kami ganti lagi dengan airbag merek Takata," kata Head of Communication PT NMI, Hana Maharani saat dihubungi VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Kenapa tidak menggunakan merek lain yang lebih terjamin? Hana mengungkapkan alasan Nissan tetap menggunakan airbag yang diproduksi Takata.

Menurutnya, tak semua airbag yang diproduksi pabrikan asal Jepang itu bermasalah. Itu alasan Nissan tetap menggunakan airbag Takata dalam penggantian airbag terhadap ketiga model mobilnya itu. "Harus diketahui, sebenarnya enggak semua airbag Takata bermasalah," katanya.

Hana menegaskan, program recall itu akan terus berlangsung sampai puluhan ribu unit mobil berhasil diganti dengan airbag yang dinilai aman untuk pengemudi. "Program itu akan jalan terus sampai semua mobil itu airbag-nya diganti," kata Hana.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP