Bermasalah, Nissan Ganti Airbag dengan Merek Takata Lagi

Para pekerja di pabrik Takata
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – PT Nissan Motor Indonesia menarik kembali (recall) tiga model mobilnya yakni Grand Livina/Livina/X-Gear, Latio, dan Navara. Recall dilakukan karena airbag ketiga model mobil itu berpotensi membahayakan pengemudi.

Airbag Gak Cuma Melindungi Orang di Mobil, Tapi Juga Pejalan Kaki

Recall yang masuk dalam kampanye global ini berlaku untuk Grand Livina/Livina/X-Gear produksi April 2007 – November 2013, Latio produksi Agustus 2006 – Agustus 2009, Navara produksi Januari 2011 - Desember 2014.

Diketahui ketiga model ini menggunakan kantong udara atau airbag Takata. Dan menurut Nissan, airbag yang ditanamkan pada ketiga mobil itu bermasalah. Ironisnya, Nissan menggantinya masih dengan menggunakan produk Takata.

Teknologi Baru Airbag, Mobil Tabrakan Tidak Penyok

"Kami ganti lagi dengan airbag merek Takata," kata Head of Communication PT NMI, Hana Maharani saat dihubungi VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Kenapa tidak menggunakan merek lain yang lebih terjamin? Hana mengungkapkan alasan Nissan tetap menggunakan airbag yang diproduksi Takata.

Tak Hanya Model Baru, Recall Juga Berlaku untuk Mobil 'Jadul' Honda

Menurutnya, tak semua airbag yang diproduksi pabrikan asal Jepang itu bermasalah. Itu alasan Nissan tetap menggunakan airbag Takata dalam penggantian airbag terhadap ketiga model mobilnya itu. "Harus diketahui, sebenarnya enggak semua airbag Takata bermasalah," katanya.

Hana menegaskan, program recall itu akan terus berlangsung sampai puluhan ribu unit mobil berhasil diganti dengan airbag yang dinilai aman untuk pengemudi. "Program itu akan jalan terus sampai semua mobil itu airbag-nya diganti," kata Hana.

SUV baru Mercedes-Benz GLE yang dirakit secara lokal di Indonesia

Agar Tetap Selamat Pemilik Mercedes-Benz di RI Segera ke Bengkel

Pemilik mobil Mercedes-Benz dihimbau untuk datang ke bengkel dan melakukan pengecekan di situs resminya agar tetap selama di jalan saat terjadi kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022