TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

KIA Picanto Diuji Tabrak, Begini Hasilnya

Ada bagian perlindungan minim yang tercatat pada sejumlah titik.
KIA Picanto Diuji Tabrak, Begini Hasilnya
Uji tabrak KIA Picanto. (Paultan)

VIVA.co.id – KIA Picanto kini kembali diuji tabrak untuk mengukur sejauh mana tingkat keamanan mobil tersebut.

Sebelumnya, ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) telah melakukan uji serupa. Saat itu, hasil menyebutkan jika airbag alias kantong udara disebut tak berfungsi secara baik pada saat uji tabrak serta stabilitas kontrol yang buruk.

Terbaru, uji tabrak dilakukan Australian New Car Assessment Program (ANCAP) terhadap KIA Picanto alias KIA Morning yang dipasarkan di negara kanguru.

Dilansir Paultan, Selasa 27 September 2016, mobil yang dipasarkan di sana memiliki perbedaan yang cukup kentara dibandingkan dengan Picanto yang dipasarkan di negara berkembang, seperti Indonesia. Untuk model yang dipasarkan di Australia, mobil itu datang dengan mengusung bodi keselamatan standar, enam kantung udara, ESC, ABS dan kontrol traksi.

Fitur-fitur ini juga terdapat pada mobil Picanto yang dipasarkan Malaysia, di mana mobil yang dijual di negeri Jiran itu menorehkan angka empat bintang di ASEAN NCAP dari nilai tertinggi lima bintang.

Berdasarkan hasil tes uji tabrak terhadap KIA Picanto di Australia, skor yang didapatkan yakni 12,95 (dari 16), hasil tersebut didapatkan dari pengurangan poin yang didapatkan sebelumnya. Dimana Picanto mendapatkan poin sebesar 15.12 berdasarkan hasil uji yang dilakukan oleh Euro NCAP pada tahun 2011. 

Meskipun demikian, Picanto masih berhasil mempertahankan lima bintang berdasarkan hasil ANCAP yang diperoleh. Perlu dicatat bahwa skor Picanto saat ini hampir sama dengan skor yang didapatkan Picanto pada uji tes ASEAN NCAP di Malaysia dengan poin 12.67.

Meski skor yang didapat cukup memuaskan, namun hasil pemeriksaan mengungkap jika risiko tinggi tetap ada, di mana pengemudi yang menjadi titik perhatian. Disebutkan, perlindungan bagian dada dan kaki pengemudi bagian bawah dinilai kecil perannya. Mereka menyebut dengan istilah perlindungan 'marginal'.

"Pemicu untuk tes pemeriksaan ini adalah variasi dalam kinerja struktural terlihat pada mobil Picanto yang dijual di Indonesia. Kami ingin mengkonfirmasi keabsahan untuk keselamatan konsumen Australia dan Selandia Baru yang mengandalkan informasi ANCAP saat membeli mobil baru," kata James Goodwin, Chief Executive Officer ANCAP.

"Skor yang diperoleh dalam tes pemeriksaan masih dalam kisaran lima bintang, akan tetapi penting bagi konsumen untuk sadar akan temuan ini, sehingga mereka dapat membuat keputusan sebelum membeli mobil baru yang diinginkan," tambahnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP