Uji Tabrak, Mobil Murah Jadi Sorotan

Uji tabrak
Sumber :
  • Capture Youtube.

VIVA.co.id – Asosiasi Keamanan Mobil di Afrika Selatan merilis laporannya yang terbarunya. Laporan tersebut menjelaskan perihal penilaian fitur keselamatan pada 23 mobil baru yang tersedia di Afrika Selatan dengan kategori harga di bawah R150,000 atau Rp144 Juta.

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Dan beberapa mobil mendapat sorotan karena dinilai sangat buruk dalam fitur keselamatan. Penilaian berdasarkan kelengkapan fitur keselamatan terdiri dari Anti-lock braking system (ABS) nilai 30 poin, electronic stability control nilai 30 poin, kantong udara (airbag) pengemudi 10 poin, kantong udara penumpang (airbag) depan 10 poin, kantong udara samping 10 poin, curtain airbags 20 poin, dan uji coba kecelakaan NCAP 25 poin. Total untuk poin sempurna adalah 135.

Bagaimana Hasilnya? Dilansir Indianaautosblog, Datsun GO 1.2 mid buatan India mendapat angka indeks 0 dari 135 poin yang telah diregulasikan. Catatan ini menempatkan mobil ini ke kelompok poor alias yang terendah. Varian lain Datsun GO yang dilengkapi kantong udara pengemudi mencetak 10 poin tapi masih dinilai 'buruk'. Tidak hanya itu, mobil produksi India lainnya yang masuk kategori buruk yakni Tata Indica dan Tata Vista.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Sedangkan, untuk mobil lainnya seperti Honda Brio mencetak 50 poin sehingga mendapat rating 'moderat'. Suzuki Celerio buatan India dan Suzuki Swift buatan India juga mencetak 50/135. Di antara daftar 'acceptable' adalah Renault Sandero dan Citroen C1.

Dari hasil uji tabrak itu, asosiasi juga mengingatkan masyarakat untuk lebih memerhatikan fitur keselamatan pada mobil, ketimbang hanya tergiur harga murah namun kualitas keselamatannya masih kurang.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman
Uji tabrak Chevrolet Enjoy.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Uji tabrak mobil baru merupakan proses penting dalam memastikan keamanan kendaraan bagi pengemudi dan penumpangnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024