Hitung-hitungan Servis Gratis Mobil Baru

Ilustrasi servis mobil.
Sumber :
  • Worldcarfans

VIVA.co.id – Saat membeli mobil dalam kondisi baru, konsumen diberi jatah servis gratis oleh diler. Umumnya, servis gratis ini tersedia sebanyak tiga kali, sesuai jarak tempuh mobil tersebut.

Keren, Layanan Servis Mobil Mercedes-Benz Kurang dari Satu Jam

Pada mobil Honda, servis gratis diberikan jika mobil sudah menempuh jarak 1.000 kilometer (km), 10 ribu km dan 20 ribu km.

Sayangnya, tidak semua pemilik mengendarai mobil hingga jarak sejauh itu. Lalu, apakah jatah servis gratis ini akan hangus, jika jarak tempuhnya belum tercapai?

Sekali Servis Lamborghini Bisa Buat DP Rumah

Service Advisor bengkel resmi Honda di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Ali, mengatakan, selain penghitungan jarak, servis gratis itu juga berlaku dalam hitungan waktu.

Ia mengatakan, jasa gratis yang diberikan Honda yakni servis pertama 1.000 km atau satu bulan setelah pembelian, kedua 10 ribu km atau enam bulan dan ketiga 20 ribu km atau satu tahun.

Lagi Diservis, Muncul Hal Mengejutkan dari Kabin Mobil Ini

"Mobil jarang dipakai, hitungannya tetap per bulan. Kami hanya memberikan jasa gratis. Kalau ganti oli dan membersihkan ruang bakar dengan cairan khusus, ada biaya tambahan," ujar Ali saat ditemui VIVA.co.id, Rabu 28 September 2016.

Ia mencontohkan, jika mobil tersebut baru mencapai jarak enam ribu km, padahal umur mobil sudah tujuh bulan, berarti saat servis masuk hitungan 10 ribu km.

"Jika dalam setahun lebih dua bulan mobil baru mencapai 15 ribu km, masih bisa dapat jasa gratis, dan itu yang terakhir," jelasnya.

Sebagai informasi, pada servis pertama, pemeriksaan yang dilakukan meliputi tekanan angin, oli mesin, sistem pengereman, aki, air radiator, minyak rem, air wiper, lampu-lampu, dan saringan udara.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya