TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ada Huruf B pada Transmisi Matik New Mirage, Apa Fungsinya?

Hanya tipe Exceed dan GLS yang tersedia dalam varian transmisi matik.
Ada Huruf B pada Transmisi Matik New Mirage, Apa Fungsinya?
Mitsubishi New Mirage. (VIVA.co.id/Dian Tami)

VIVA.co.id – Mitsubishi New Mirage resmi masuk pasar Indonesia pada Juli 2016 lalu. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB), agen tunggal pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, menargetkan kaum muda sebagai konsumen city car tersebut.

Dari tiga pilihan varian, yakni Exceed, GLS dan GLX, hanya GLX yang tidak memiliki pilihan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). 

Salah satu hal menarik pada transmisi CVT Mirage anyar ini adalah hadirnya slot baru pada transmisi, yang diberi label huruf B. Lalu, apa arti dan fungsinya?

Menanggapi pertanyaan itu, Technical Service Departement Service Enginering and Testing KTB, Teguh Hendratno menjelaskan, huruf B yang dimaksud merupakan singkatan dari Brake.

Guna slot transmisi ini adalah untuk mengurangi kecepatan mobil saat menghadapi jalan yang menurun. Jadi, pengemudi bisa memanfaatkan slot ini saat melalui turunan tajam.

"Sifatnya seperti engine brake. Ketika berada di jalan menurun, berfungsi seperti shift down (pindah ke gigi yang lebih rendah, agar laju mobil tetap terkendali)," kata Teguh di sela acara test drive New Mirage di Malang, Jawa Timur, Rabu 28 September 2016.

Tuas transmisi Mitsubishi New Mirage.

Tuas transmisi Mitsubishi New Mirage (Foto: VIVA.co.id/Dian Tami)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP