Kenali Penyebab Rem Depan Disc Brake Mendadak Keras

Cakram rem.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Saat ini semua motor menggunakan disc brake untuk pegereman bagian depan. Disc brake atau cakram ini bekerja secara mekanis dengan menyalurkan cairan minyak rem secara hidrolik untuk menekan kaliper agar menjepit piringan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Nah, karena komponen yang digunakan terlalu banyak, wajar jika sesekali rem cakram ini mengalami masalah. Seperti halnya, saat Anda merasa jika menekan handle terasa keras atau 'magel'.

Bimo mekanik, Baru Motor Sport (BMS) mengatakan, handle ditekan sangat keras berarti ada beberapa komponen yang rusak dan itu terjadi dalam waktu lama. Salah satu faktor handle rem terasa keras yakni dari kondisi minyak rem sudah kotor.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Minyak rem yang bersarang pada master itu bisa kotor, karena di atasnya ada lubang hawa, nah dari situlah kotoran bisa masuk," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Palmerah, Jakarta Barat, Rabu, 28 September 2016.

Ia mengatakan, jika minyak rem sudah kotor otomatis akan membuat mampet. "Sil piston yang sudah berumur juga menjadi penyebabnya, karena sil piston pada kaliper ini bisa keras semakin lama karena faktor cuaca," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Faktor cuaca juga pengaruhi kondisi piston kaliper, karena piston pada kaliper itu lama-lama bisa berkarat kalau tidak dibersihkan. Dan kalau gemuk di piston sudah kering juga akan membuat pergerakan kaliper macet," tuturnya.

Ia mengatakan untuk membuat rem tidak keras lagi tentu harus dilakukan pengurasan. "Master rem, kabel rem harus dikuras, dan kaliper harus dibongkar untuk mengetahui kondisi sil dan piston," ujarnya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022