TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kenali Penyebab Rem Depan Disc Brake Mendadak Keras

Di antaranya karena kondisi minyak rem sudah kotor.
Kenali Penyebab Rem Depan Disc Brake Mendadak Keras
Cakram rem. (www.welovehonda.com)

VIVA.co.id – Saat ini semua motor menggunakan disc brake untuk pegereman bagian depan. Disc brake atau cakram ini bekerja secara mekanis dengan menyalurkan cairan minyak rem secara hidrolik untuk menekan kaliper agar menjepit piringan.

Nah, karena komponen yang digunakan terlalu banyak, wajar jika sesekali rem cakram ini mengalami masalah. Seperti halnya, saat Anda merasa jika menekan handle terasa keras atau 'magel'.

Bimo mekanik, Baru Motor Sport (BMS) mengatakan, handle ditekan sangat keras berarti ada beberapa komponen yang rusak dan itu terjadi dalam waktu lama. Salah satu faktor handle rem terasa keras yakni dari kondisi minyak rem sudah kotor.

"Minyak rem yang bersarang pada master itu bisa kotor, karena di atasnya ada lubang hawa, nah dari situlah kotoran bisa masuk," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Palmerah, Jakarta Barat, Rabu, 28 September 2016.

Ia mengatakan, jika minyak rem sudah kotor otomatis akan membuat mampet. "Sil piston yang sudah berumur juga menjadi penyebabnya, karena sil piston pada kaliper ini bisa keras semakin lama karena faktor cuaca," katanya.

"Faktor cuaca juga pengaruhi kondisi piston kaliper, karena piston pada kaliper itu lama-lama bisa berkarat kalau tidak dibersihkan. Dan kalau gemuk di piston sudah kering juga akan membuat pergerakan kaliper macet," tuturnya.

Ia mengatakan untuk membuat rem tidak keras lagi tentu harus dilakukan pengurasan. "Master rem, kabel rem harus dikuras, dan kaliper harus dibongkar untuk mengetahui kondisi sil dan piston," ujarnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP