TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Unik dan Murah Hilangkan Karat pada Krom Mobil

Ada cara mudah dan unik membersihkan karat pada krom.
Cara Unik dan Murah Hilangkan Karat pada Krom Mobil
Ilustrasi mobil. (Pixabay/MikeBirdy)

VIVA.co.id – Para pencinta modifikasi mobil tak pernah kehabisan akal untuk mempercantik tampilan kendaraan roda empatnya. Salah satu yang sering ditemukan, melapisi warna krom di setiap komponen agar terlihat lebih kinclong dan mewah.

Namun komponen yang berlapis krom harus benar-benar dirawat dengan baik, termasuk menghindari dari air hujan dan air laut karena lama kelamaan akan menyebabkan karat.

Menjengkelkan memang jika krom timbul karat karena tampilan mobil dipastikan tak indah lagi. Namun tahukah Anda, ada cara mudah dan unik membersihkan karat pada krom?

Service Operation Manager Plaza Toyota, Muhammad Iqbal mengungkapkan menghilangkan karat atau kotoran membandel pada besi yang dilapisi krom bisa menggunakan batu ijo. "Bisa pakai batu ijo," kata Iqbal saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta.

Iqbal pun membeberkan cara mengaplikasikan batu ijo dalam membersihkan karat pada lapisan krom. Pertama, hilangkan karat atau kotoran yang menghitam terlebih dahulu dengan menggunakan sikat kawat.

"Setelah itu amplas dengan amplas halus. Haluskan dengan air hingga bekas pola penyikatan menghilang dan permukaan menjadi rata," ungkapnya.

Lalu, gerus batu ijo dan dimasukkan ke dalam wadah yang telah berisi minyak tanah. Ratakan larutan itu dan mulai gosok menggunakan jean atau kertas semen. "Coba cek apakah hasil gosokan tersebut sudah mengkilap. Kalau sudah, lanjutkan ke semua bagian yang akan dimengkilapkan," katanya.

Setelah dipastikan mengkilap semua bagian, akhiri dengan menggunakan kain bersih dan bedak bayi. "Taburkan bedak secara merata dan gosok menggunakan kain hingga kotoran bekas batu ijo terangkat," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP