TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Benda-benda yang Sebaiknya Ada di Dalam Bagasi Mobil

Benda-benda ini berguna saat Anda mengalami masalah di jalan.
Benda-benda yang Sebaiknya Ada di Dalam Bagasi Mobil
Kompresor dan dongkrak mobil. (Pixabay)

VIVA.co.id – Meski sudah berusaha sebisa mungkin untuk mengemudi secara aman, namun terkadang masalah bisa saja terjadi. Sebagai contoh, mogok atau mengalami ban bocor.

Agar tidak kelimpungan, sebaiknya Anda melengkapi mobil dengan beberapa peralatan darurat. Alat-alat ini sangat berguna jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah di jalan dan tidak ada bengkel terdekat yang bisa didatangi.

Senior Mechandiser Ace Hardware Indonesia, Budi Pasaribu mengatakan, ada beberapa alat yang bisa disimpan pengemudi di bagasi mobil, agar aman dan tidak repot saat terjadi masalah di jalan.

"Meskipun kecil perannya, tapi saat dibutuhkan, tentu harus dimiliki dan jangan disepelekan," kata Budi di Jakarta.

Berikut barang yang perlu Anda sediakan di dalam bagasi mobil:

  1. Dongkrak dan kunci roda. Benda ini sangat membantu ketika mobil Anda mengalami ban kempis. Umumnya, diler menyertakan alat-alat ini pada setiap mobil baru.
  1. Kabel jumper. Kabel ini sangat membantu saat aki mobil lemah. Alat ini sangat berguna bagi pemilik mobil dengan transmisi otomatis, karena mesin tidak bisa dihidupkan dengan cara didorong.
  1. Tali derek. Saat mengalami masalah mesin, Anda bisa meminta bantuan pada pengemudi mobil lain untuk menderek mobil Anda ke bengkel terdekat, dengan tali ini.
  1. Segitiga pengaman. Benda ini sifatnya wajib ada di setiap mobil, karena berfungsi sebagai penanda bahwa mobil Anda sedang mengalami kerusakan.
  1. Kotak Pertolongan Pertama Pada Keecelakaan (P3K). Kotak ini berisi beberapa hal yang dibutuhkan saat Anda atau penumpang mengalami luka ringan.
  1. Kompresor jinjing. Jika ban tubeless Anda mengalami kebocoran atau tekanannya kurang, pakai alat ini untuk mengisi angin.
  1. Flat Mate. Benda ini akan berguna ketika ban Anda bocor dan tak ada tukang tambal ban yang buka. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan memasukkan ke pentil ban, maka ban kembali bisa digunakan.
TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP