TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Benarkah Mesin Mobil 'Haram' Dicuci?

Ternyata dianjurkan dengan beberapa catatan.
Benarkah Mesin Mobil 'Haram' Dicuci?
Mesin mobil (viva.co.id/Yasin Fadilah)

VIVA.co.id – Hingga saat ini masih banyak yang beranggapan mesin mobil diharamkan untuk dicuci. Pasalnya, pada mesin mobil banyak terdapat sistem kelistrikan yang ditakutkan justru akan rusak saat dicuci. Yang menjadi pertanyaan, benarkah hal itu?

Jawaban diberikan Oktavianus, seorang konsultan car care dari Detailbox. Menurut Oktavianus, mencuci mesin mobil tetap diperlukan karena akan membuat mesin awet. Namun tentu saja, masih menurut Oktavianus, harus hati-hati.

Hal pertama yang harus dilakukan memastikan sistem kelistrikan mobil dalam keadaan mati. Menurut dia, daerah kelistrikan harus terhindar dari air dengan cara menutupi bagian elektrikal mesin dengan menggunakan plastik.

"Bagian kelistrikan harus ditutup plastik, stasiun sekring harus tertutup rapih dan aman. Banyak mobil rumah sekringnya terbuka itu harus ditutup," kata Oktavianus kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 30 September 2016.

Lalu dalam proses pencucian, mesin mobil bisa dibersihkan secara tradisional dan profesional. Dengan cara tradisional, pemilik bisa menggunakan sabun colek. Sedangkan untuk profesional menggunakan engine degreaser.

"Kalau sabun colek bisa bersihin, tapi dia bisa bikin getas karet. Kalau terlalu lama enggak dibilas, di bagian balik kap mesin pakai sabun colek bisa bikin kusam," katanya.

Saat proses pencucian, semprotkan air dengan menggunakan selang atau botol spray yang sudah tidak terpakai. Dimulai dari blok mesin bagian belakang dilanjutkan blok mesin bagian depan. Proses pembersihan bisa menggunakan spon atau sikat halus.

"Bersihkan mesin dengan hati-hati agar tidak merembet ke bagian kelistrikan mobil," ujar dia.

Setelah dicuci, dilap menggunakan kanebo atau lap halus dalam proses pengeringan. Memang tidak semua noda bisa hilang secara singkat apalagi noda bandel. Namun ada baiknya pemilik rajin membersihkan mesin mobil.

"Untuk menjaga keawetan mesin kan perlu dibersihkan. Dia enggak gampang karat, terus oli kalau terus menempel perputaran mesin jadi cepat panas. Kalau bersih, mesin kan enggak rewel," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP