TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Modifikasi Keren Brio Satya, Terinspirasi Mobil Batman

Butuh satu tahun untuk merombaknya.
Modifikasi Keren Brio Satya, Terinspirasi Mobil Batman
Modifikasi Brio Satya (viva.co.id/Jeffry Sudibyo)

VIVA.co.id – Dalam ajang Honda Jazz Brio Tuning Contest akhir pekan lalu, terselip satu city car asal modifikator Yogyakarta yang mengundang perhatian. Ya, city car tersebut adalah Honda Brio Satya milik Farid yang menggunakan enam roda.

Farid mengatakan, gaya modifikasinya itu terinspirasi dari mobil Batman di Arkham Knight 2015 yang sangat digandrungi anaknya. Untuk mengubah Brio Satya miliknya menjadi mobil superhero, Farid membutuhkan waktu lama dan sangat rumit.

"Buat pengerjaan pintu sama kap mesin, dan offer fender, kecuali tambah roda sekitar tujuh bulanan. Kalau keseluruhan sama roda belakang sekitar setahun," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Ia mengaku kurang paham soal detail bahannya karena itu urusan bengkel. "Jauh jadi enggak bisa melihat mobilnya, saya di Cikarang sedangkan bengkel di Yogyakarta," katanya.

Farid pun harus mengubah sasis karena pada sektor kaki-kaki menggunakan enam roda. "Empat roda, cuma belakang bawaan pabrik itu di tengah, jadi yang dua di belakang enggak fungsi, sasisnya ditambah satu meter," tuturnya.

Selain itu, agar mobil ini berjalan tetap normal meskipun hanya 40km/jam. Ia mengandalkan airsuspensi empat titik pada setiap rodanya. "Pakai airlift, custom baut roda jadi model lima baut ukuran 5x114,3. Kalau aslinya 4x100 pcd-nya," ujarnya.

Ubahan yang kentara lainnya yakni pintu yang terlihat depan dan belakang menyambung (custom). Pun kap mesin terbelah dua. Menganut custom buterfly atau pintu dan kap mesin terbuka seperti sayap kupu-kupu.

Karena untuk membukanya bisa secara otomatis, berarti dibekali motorized. Nah, karena menggunakan remote sudah biasa, sang mekanik pun mengintegrasikan gadget miliknya sebagai remote pengganti.

"Pintu hidrolik, dua pintu jadi satu, pecah kap mesin jadi dua dibelah. Untuk buka tutupnya semua pakai Android. Jadi Android ini juga untuk jok semuanya bisa pakai android dan manual," katanya.

Data modifikasi
Sasis: Custom
Pelek : R19 Walt
Cat: Hijau candytoon airbrush
Airsuspensi: Airlift 4 titik
PCD: Custom
Body kit: Full custom
Fender: Wide Bodi
Stoplamp: Honda Accord
Headlamp: Honda Civic 2013
Pintu: Custom
Kap mesin: Custom
Turbo: Twin turbo
Dastek
Subwoofer: Venom Diablo 7 unit 12 inci
Power: Venom 6 unit 4 chanel
Televisi: 32 inci, 4 inci, 7 inci, 14 inci
Playstation 2
Motorized: 16 titik

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP