TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Alasan Daihatsu Hanya Buat Mobil di Bawah 1.500cc

Sementara mesin 1.500 ke atas akan digarap saudara kandungnya, Toyota.
Alasan Daihatsu Hanya Buat Mobil di Bawah 1.500cc
Daihatsu Terios Spirit (VIVAnews/Herdi Muhardi)

VIVA.co.id – Meski Toyota dan Daihatsu di Indonesia kerap membuat mobil sama beda nama, tetapi kedua perusahaan yang masih bersaudara itu mengklaim bahwa pasar yang dituju keduanya berbeda.
 
Division Head Corporate Planning PT Astra Daihatsu Motor Rudy Ardiman menegaskan, khusus Daihatsu, hanya akan membuat dan menjual compact car, dengan dimensi mesin di bawah 1.500cc.

“Jadi, kalau 1.500cc ke atas, bukan ke arah situ. Selama ini, visi-misi kami adalah compact car. Jadi, kami buat yang 1.500cc ke bawah,” kata Rudy saat berbincang dengan VIVA.co.id.
 
Sebaliknya, jika membuat mobil dengan mesin 1.500 ke atas, Rudy menyatakan, hal itu akan dibuat dan dipasarkan oleh saudaranya, Toyota.

Rudy menyampaikan, hingga saat ini, Daihatsu Indonesia masih menerapkan apa yang direncanakan principal Daihatsu di Jepang, yakni masuk di kelas mobil-mobil kecil seperti Kei Car.
 
Demikian juga di Indonesia, hingga saat ini, mobil Daihatsu dengan kapasitas mesin besar hanya diciptakan untuk Terios. Namun, fakta di lapangan, Toyota Indonesia masih membuat dan menjual mobil dengan mesin 1.500cc, salah satunya keberadaan Etios Valco.
 
Selain itu, meski beda nama dan sejumlah fitur, namun mobil-mobil yang dibuat pabrik Astra Daihatsu Motor untuk dipasarkan Toyota masih ada yang dibenamkan mesin di bawah 1.500cc, seperti Avanza, Agya, dan Ayla. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP