Alasan Daihatsu Hanya Buat Mobil di Bawah 1.500cc

Daihatsu Terios Spirit
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Meski Toyota dan Daihatsu di Indonesia kerap membuat mobil sama beda nama, tetapi kedua perusahaan yang masih bersaudara itu mengklaim bahwa pasar yang dituju keduanya berbeda.
 
Division Head Corporate Planning PT Astra Daihatsu Motor Rudy Ardiman menegaskan, khusus Daihatsu, hanya akan membuat dan menjual compact car, dengan dimensi mesin di bawah 1.500cc.

Uji Emisi di Bengkel Daihatsu Cuma 25 Menit, Segini Bayarnya

“Jadi, kalau 1.500cc ke atas, bukan ke arah situ. Selama ini, visi-misi kami adalah compact car. Jadi, kami buat yang 1.500cc ke bawah,” kata Rudy saat berbincang dengan VIVA.co.id.
 
Sebaliknya, jika membuat mobil dengan mesin 1.500 ke atas, Rudy menyatakan, hal itu akan dibuat dan dipasarkan oleh saudaranya, Toyota.

Rudy menyampaikan, hingga saat ini, Daihatsu Indonesia masih menerapkan apa yang direncanakan principal Daihatsu di Jepang, yakni masuk di kelas mobil-mobil kecil seperti Kei Car.
 
Demikian juga di Indonesia, hingga saat ini, mobil Daihatsu dengan kapasitas mesin besar hanya diciptakan untuk Terios. Namun, fakta di lapangan, Toyota Indonesia masih membuat dan menjual mobil dengan mesin 1.500cc, salah satunya keberadaan Etios Valco.
 
Selain itu, meski beda nama dan sejumlah fitur, namun mobil-mobil yang dibuat pabrik Astra Daihatsu Motor untuk dipasarkan Toyota masih ada yang dibenamkan mesin di bawah 1.500cc, seperti Avanza, Agya, dan Ayla. (asp)

Vaksin Sudah Ada di RI, Bikin Daihatsu Lebih Pede Jual Mobil Baru
Kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, Bus Tabrak Mobil Terios sampai Ringsek

Viral Kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, Bus Tabrak Mobil Terios Sampai Ringsek

Media sosial dihebohkan dengan kecelakaan maut antara bus dan Daihatsu Terios di Jalan Lintas Sumatera Bungo, Jambi, Sumatera (Sumbar).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2023