TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Membuat AC pada Mobil Lawas Tetap Sejuk

AC pada mobil tua lebih sering rusak.
Tips Membuat AC pada Mobil Lawas Tetap Sejuk
AC mobil. (U-Report)

VIVA.co.id – Pendingin kabin mobil atau air condition (AC) menjadi salah satu komponen yang paling penting sebagai fitur kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Terlebih dengan cuaca di Indonesia yang beriklim tropis membuat mobil wajib dilengkapi AC supaya sejuk.

Namun, kondisi pendingin bakal berubah seiring lamanya penggunaan kendaraan. Artinya mobil-mobil yang telah 'berumur' mungkin kerap bermasalah pada pendinginnya. Oleh sebab itu, agar pendingin tetap sejuk pada mobil lawas diperlukan perawatan ekstra.

Hal itu diamini mekanik bengkel spesialis AC mobil, Ade. Menurutnya, perawatan pendingin kabin pada mobil lawas harus rutin dilakukan.

"Minimal setahun sekali. Mobil lama itu enggak ada filter AC jadi perawatannya harus ekstra beda sama mobil baru yang sudah ada tinggal dicopot saja filternya lalu dibersihkan," kata Ade saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Menurutnya, AC pada mobil tua lebih sering rusak pada komponen pendingin. Hal itu diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kebocoran pada selang, jarak pulley dan centerpiece yang terlalu jauh, magnet clutch telah mulai aus hingga evapulator sudah kotor.

Selain itu jika kompresinya mulai lemah membuat AC tidak berfungsi maksimal. "Biasa kalau mobil tua itu bermasalah komponennya seperti selang, pulley, magnet clutch, motor van, evapulator dan tekanan kompresi," ungkapnya.

Ia menyebut jika terjadi permasalahan dengan salah satu komponennya saja maka dampak yang terjadi adalah seperti AC tidak dingin dan keluar hanya anginnya saja serta AC tiba-tiba mati pada saat kondisi mesin panas atau overheat. "Setiap kerusakan pada komponen AC-nya punya efek dan penanganannya berbeda-beda, ujarnya.

Ade menegaskan setiap komponen saling berkaitan untuk itu jika terjadi permasalahan pada AC mobil sebaiknya dicek secara keselurahan.

"Tidak bisa hanya direpair salah satu komponen saja contohnya begini misal selangnya yang bocor sudah diganti tapi kompresinya masih lemah maka akan sama saja bohong, makanya harus dicek semuanya dan detail," katanya.

Ia menjelaskan, untuk biaya perawatan pendingin mobil di bengkel yang terletak di Jalan Alternatif Cibubur itu bisa dibilang cukup terjangkau.

Untuk mengisi air freon dibanderol dengan harga Rp100-150 ribu. Sementara biaya mengganti satu set pulley, centerpiece dan magnet clutch sekitar Rp700 ribu, merepair selang dengan cara menambal mencapai Rp150-200 ribu.

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP