TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Berapa Lama Umur Sebuah Ban Mobil?

Semakin tua umur ban maka kualitasnya juga semakin berkurang.
Berapa Lama Umur Sebuah Ban Mobil?
Ban mobil. (Webcartop)

VIVA.co.id – Ban merupakan komponen wajib bagi setiap kendaraan. Tanpa adanya komponen ban, mobil tentunya tidak akan bisa berjalan dengan mulus. Namun, meski penting ternyata ban juga memiliki masa umur penggunaannya. Sama seperti benda-benda atau komponen yang lain, semakin tua umur ban maka kualitasnya juga semakin berkurang. 

Jika sudah begitu maka tentu akan berpengaruh bagi keselamatan pengendara. Lantas, berapa lamakah ideal usia penggunaan ban?

Kepala Bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Ma'ruf Zainudin mengatakan, umur ban apabila kendaraan sering digunakan batas maksimalnya itu tidak lebih dari 40 ribu kilometer. "Batasnya segitu, misalkan kendaraan sering digunakan untuk perjalanan dengan jarak tempuh yang stabil," kata Ma'ruf kepada VIVA.co.id.

Lain halnya jika kendaraan jarang digunakan, menurut Ma'ruf maka penggunaan maksimalnya adalah tiga tahun. "Usia maksimal tiga tahun itu juga sudah ditandai dengan adanya komponen ban yang mulai rusak, seperti karet yang mulai retak dan juga sudah tidak bagus penampilannya," ujar dia.

Selain itu, Ma'ruf menuturkan agar pemilik kendaraan untuk sering memperhatikan tanda segitiga yang ada di sela-sela alur kembang ban dengan huruf TWI (tread wear indicator). Tanda ini merupakan patokan keausan ban. Jika ketebalan kembang ban sudah sama dengan tanda TWI, ban motor sudah aus perlu dilakukan penggantian secepatnya. "Jika ban sudah tergerus mencapai tanda ban tersebut, maka harus dilakukan penggantian," tutur dia.

Teknisi sedang melakukan balancing ban motor.

Ia juga menyarankan agar penyimpanan ban harus di tempat yang suhunya tidak terlalu lembab atau panas, idealnya sekira 27 derajat celsius. "Penyimpanan ban berpengaruh, bagusnya suhunya tertentu standar Indonesia, dan posisinya kalau bisa tetap di atas keramik. Itu yang membuat kelenturan ban berpengaruh terhadap suhu," tutur dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP