TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Empat Penyebab Starter Mobil Tak Mau Berfungsi

Dtarter mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
Empat Penyebab Starter Mobil Tak Mau Berfungsi
Dinamo starter mobil. (Howacarworks)

VIVA.co.id – Dinamo starter, merupakan salah satu komponen mesin kendaraan yang berfungsi untuk menghidupkan mesin. Dinamo starter mengubah energi listrik menjadi energi gerak, yang kemudian dipakai untuk memutar poros mesin (crankshaft).

Seperti kebanyakan komponen mesin lainnya, dinamo starter juga bisa rusak. Akibatnya, pengguna kendaraan tidak bisa menghidupkan mesin.

Jika hal ini terjadi pada sepeda motor, masih ada solusi menghidupkan mesin dengan mengunakan engkol. Namun, untuk mobil, khususnya yang memakai transmisi manual, satu-satunya cara menghidupkan mesin tanpa dinamo starter adalah dengan mendorongnya.

"Ada beberapa hal, penyebab dinamo starter tidak mau menyala. Salah satu contohnya, carbon brush habis," kata pemilik bengkel khusus servis dinamo Angkasa Teknik, Supardi, saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jalan Panjang, Jakarta Barat, Selasa 4 Oktober 2016.

Ada empat penyebab yang dapat membuat dinamo starter tidak berfungsi dengan sempurna, yakni:

  1. Pasokan listrik dari aki kurang. Jika aki lemah, dinamo starter tidak mau berputar. Dinamo membutuhkan arus listrik yang besar, sehingga aki harus benar-benar sehat.
  2. Solenoid starter rusak. Solenoid memiliki dua fungsi, menghubungkan listrik dari aki ke starter dan sebagai penghubung antara starter dengan mesin.
  3. Carbon brush habis. Komponen ini berfungsi sebagai titik penghubung antara listrik dari solenoid dengan kumparan starter.
  4. Kumparan di dalam motor starter terbakar. Umumnya ini terjadi saat starter dipaksa bekerja keras, sehingga panas yang dihasilkan bisa membuat kumparan starter terbakar. (asp)
TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP