TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Trik Mudah Cek Kondisi Dinamo Ampere pada Mobil

Setidaknya, ada tiga cara yang bisa diterapkan.
Trik Mudah Cek Kondisi Dinamo Ampere pada Mobil
Bengkel spesialis mobil bermesin diesel. (Yasin Fadilah/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Alternator mobil, atau dinamo ampere merupakan peralatan elektromekanis yang memiliki fungsi mengubah energi mekanik, atau energi gerak untuk mengisi strum aki sebagai sumber energi listrik. Dengan begitu, suplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin hidup dapat terpenuhi.

Namun, tentu tak banyak yang tahu bagaimana untuk melakukan pengecekan, apakah dinamo ampere pada kendaraannya masih bekerja dengan baik, atau sebaliknya. Menurut Supardi, penggawa Angkasa Teknik, di Jalan Panjang, Jakarta Barat, ada tiga hal yang bisa diterapkan untuk mengetahui kondisi dinamo ampere pada mobil.

"Dinamo ampere itu memiliki fungsi untuk pengisian ke aki. Untuk mengetahui apakah dinamo masih bekerja dengan baik, ada indikator dan beberapa cara mudah," kata dia kepada VIVA.co.id, Selasa 4 Oktober 2016.

Cara pertama, kata dia, Anda bisa gunakan multimeter digital, atau tang ampere. Alat ini, mampu mendeteksi performa alternator, serta besarnya hambatan kabel dari alternator ke aki dan tegangan yang dihasilkan oleh alternator mobil.

"Kedua, pengendara bisa mengecek dengan melihat indikator di dashboard. Ketika indikator aki menyala saat mesin hidup, berarti alternator kurang optimal dalam melakukan pengisian aki," katanya. 

Ketiga, hidupkan mobil atau menaruh kunci kontak di posisi ‘on’, lalu pemilik mobil mengambil besi panjang untuk ditempelkan kepada dinamo ampere atau alternator. "Kalau ada tarikan magnet, maka kondisi dinamo ampere, atau alternator mobil dalam keadaan baik," kata dia. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP