Menilik Mobil Rental Favorit

Torsi dan tenaga jadi poin penting dalam produk kendaraan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • TAM

VIVA.co.id - Mobil keluarga tampaknya tetap akan jadi pilihan masyarakat Indonesia beberapa tahun ke depan. Hal itu lantaran Multi Purpose Vehicle bisa meningkatkan kebersamaan, layaknya budaya Nusantara.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Saking banyaknya peminat, MPV tak hanya digunakan sebagai kendaran pribadi, tapi juga untuk bisnis rental. Selain memiliki kapasitas yang luas mobil itu juga dinilai serba guna.

Di antara mobil jenis MPV lainnya, Toyota Avanza dan Veloz sering banyak dijumpai di sejumlah penyedia layanan sewa mobil. Hal itu diamini CEO TRAC Astra Rent a Car, Jacob Antonius.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Menurutnya, pemilik rental kendaraan roda empat lebih memilih mobil keluarga, khususnya Toyota Avanza dan Veloz, sebagai basis usahanya.

"Toyota Avanza relatif diminati pemilik rental karena dapat digunakan untuk market B to B (business to business) dan B to C (business to consumer)," kata Jacob saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Ia mengungkapkan, jika perusahaan rental tidak mengkhususkan market atau produk tertentu, usaha sulit berjalan. Sebab, tren sewa adalah melihat kebutuhan masyarakat. Karenanya mobil keluarga menjadi idola usaha rental mobil.

"Saat ini TRAC Astra memiliki 90 persen MPV, dan sebagian besar Avanza dan Veloz," katanya.

Beri keuntungan

Pemilik KJB Rent Car, Iwan mengungkapkan di antara mobil jenis MPV merek lainnya, Toyota Avanza dan Veloz memberi banyak keuntungan bagi usahanya. Sebab, menurutnya, Avanza paling laris disewa lantaran mobil tersebut memiliki kapasitas luas dan irit bahan bakar.

"Avanza itu harga sewanya murah dan mobil enggak gampang rewel jadi nyaman dikendarai," katanya.

Selain itu, perawatan Avanza juga sangat mudah dan jaminan ketersediaan suku cadang di pasaran. "Onderdil Avanza gampang dicari dan murah dibandingkan merek lain,” tutur Iwan.

Selain itu, harga jual kembali Avanza dan Veloz  juga tinggi. “Jadi punya Avanza itu untung," ujar dia.

Toyota Avanza di pegunungan Jawa Tengah

Pemilik Rawamangun Rent Car, Hafidz, mengungkapkan mayoritas konsumen memilih menyewa Toyota Avanza dan Veloz karena cocok digunakan aktivitas sehari-hari dan urusan keluarga.

"Hampir 65 persen di tempat kami cari Avanza," kata dia.

Ia pun tidak memungkiri jika mendapat keuntungan lebih dengan menyediakan Avanza dan Veloz dalam barisan mobil yang disewakan.

"Ya karena banyak dicari penyewa, gampang perawatannya, dan onderdil terjangkau," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya