Dinamo Starter dan Ampere Rusak, Berapa Biaya Servisnya?

Dinamo ampere atau alternator.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Salah satu penyebab mesin mobil tidak mau dihidupkan adalah kurangnya tegangan listrik pada aki.

Mau Beli Innova Zenix Hybrid, Segini Biaya Servis Berkalanya

Hal ini umumnya terjadi pada mobil yang banyak dilengkapi dengan aksesori yang membutuhkan energi listrik, seperti lampu hias dan sound system berkekuatan ribuan Watt.

Listrik aki tidak akan cukup untuk memutar dinamo starter, karena suplai dari dinamo ampere banyak dihabiskan untuk menyalakan aksesori.

Biaya Servis Mobil Ini Lebih Murah dari Es Krim Mixue

Jika ini dibiarkan, maka dinamo ampere juga bisa lemah dan rusak. Sementara pada dinamo starter, kerusakan bisa terjadi akibat mesin mobil mengalami masalah.

Pengguna memaksa menyalakan dinamo starter terus-terusan, sehingga dinamo menjadi panas dan terbakar. Lalu, berapa biaya perbaikannya?

Minat Beli Toyota Raize? Segini Biaya Servisnya

Pemilik bengkel khusus servis dinamo Angkasa Teknik, Supardi mengatakan, harga servis dinamo bervariasi, mulai ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

"Harga untuk bongkar pasang Rp125 ribu. Tapi, kalau perlu diganti, harganya bakal lebih mahal. Ada yang mahal banget harga dinamonya, sampai Rp15 juta. Semua tergantung mobilnya," kata Supardi kepada VIVA.co.id di Jakarta Barat.

Selain itu, Supardi mengaku, bila mobil buatan Eropa memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan mobil buatan Jepang.

"Kalau ada onderdil yang perlu diganti, itu dilihat dulu mobilnya apa. Harga mobil Jepang dan Eropa kan beda, mahalan mobil Eropa," ujar Supardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya