TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Cepat Bikin Kabin Mobil Adem

Kaca film menolak panas, tapi tidak 100 persen.
Cara Cepat Bikin Kabin Mobil Adem
Parkiran mobil. (www.nbcnews.com)

VIVA.co.id – Kaca film memiliki fungsi untuk menolak panas dan radiasi matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Namun, banyak yang tidak tahu, bahwa panas dan radiasi yang ditahan tidak seluruhnya.

”Kalau parkir di tempat panas, kaca film bisa menolak panas, tapi tidak 100 persen. Ini karena kaca film bukan alat yang bisa diatur seperti AC," kata Manajer Layanan Pelanggan PT V-Kool Indo Lestari, Billy Susanto, kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Maka dari itu, Ia menyarankan agar pemilik mobil membuka kaca beberapa saat, untuk membiarkan hawa panas di dalam kabin keluar .

"Ketika masuk mobil, kami sarankan dibuka dulu kacanya. Diamkan beberapa menit, sebelum menyalakan AC. Ini berguna untuk mengeluarkan hawa panas yang ada di mobil, supaya AC bekerja tidak berat, karena udara sudah sirkulasi," ujarnya.

Billy juga menyarankan agar kaca mobil dibiarkan terbuka sedikit saat sedang diparkir, sehingga sirkulasi udara tetap berjalan. Untuk mengantisipasi turunnya hujan, ada baiknya pemilik mobil memasang talang air pada jendela mobil.

“Talang berfungsi mencegah air masuk ke dalam kabin, saat kaca dibuka sedikit. Jika tidak pakai talang air, buka semua kaca selama beberapa menit, kemudian hidupkan mesin dan nyalakan AC,” jelasnya.

Dengan cara ini, udara dalam kabin akan turun lebih cepat, dibandingkan dengan membiarkan udara panas didinginkan oleh AC.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP