TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Bajaj Empat Roda Segera Hadir di Indonesia

Bajaj Qute belum boleh dijual di India.
Bajaj Empat Roda Segera Hadir di Indonesia
Bajaj Qute. (Motoroids)

VIVA.co.id – Salah satu transportasi umum yang banyak tersedia di Jakarta adalah bajaj. Berbekal tiga roda dan mesin dua langkah, kendaraan berwarna oranye ini ideal untuk menembus kemacetan dan masuk ke gang sempit yang banyak tersebar di sekitar Ibu Kota.

Namun, karena dianggap menimbulkan banyak polusi dan bising, keberadaan bajaj bermesin dua langkah perlahan-lahan digantikan dengan bajaj bahan bakar gas (BBG). Namun, pembuatnya bukan lagi Bajaj, melainkan TVS.

Dan kini, ada varian baru bajaj oranye yang akan segera dihadirkan. Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman resmi Kementerian Perindustrian, Rabu 5 Oktober 2016, ada satu model baru yang didaftarkan oleh perusahaan Bajaj Auto.

Model yang dimaksud adalah Qute, kendaraan mungil dengan empat roda. Qute diciptakan untuk menggantikan keberadaan bajaj roda tiga di India. Namun uniknya, Qute hingga saat ini belum boleh dijual di negara asalnya.

Alasannya, banyak pihak tidak setuju dengan adanya Qute. Kendaraan ini dianggap akan mematikan usaha para pengemudi taksi, karena Qute lebih ideal untuk dipakai di jalur-jalur yang sempit.

Alhasil, Bajaj saat ini lebih banyak menjual Qute ke pasar otomotif luar negeri, terutama wilayah Eropa dan Asia.

Sekadar informasi, Qute dibekali mesin berkapasitas 216cc dan bisa menampung tiga penumpang. Bodinya dibuat mirip dengan mobil, sehingga penumpang dapat aman dan nyaman duduk di dalamnya.

Kecepatan Qute dibatasi hingga 70 kilometer per jam saja, demi mencegah terjadinya kecelakaan parah saat berada di jalan raya. Tersedia sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang.

Untuk konsumsi bahan bakar, Qute mampu melaju sejauh 36 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Bajaj juga menyediakan paket konversi bahan bakar ke BBG, sesuai permintaan.

Harga yang ditawarkan Bajaj Auto untuk Qute sekitar US$2 ribu, atau setara dengan Rp26 juta.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP