TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kawasaki Tak Bikin Skutik, Karena Ada Kartel Yamaha-Honda?

Sampai saat ini tak ada satu pun skuter yang diprodusi Kawasaki.
Kawasaki Tak Bikin Skutik, Karena Ada Kartel Yamaha-Honda?
Sidang lanjutan dugaan kartel Honda-Yamaha di KPPU. (VIVA.co.id/Yunisa Herawati)

VIVA.co.id – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kembali menggelar sidang kasus dugaan kartel sepeda motor jenis skuter matik bermesin 110-125cc, antara PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Astra Honda Motor (AHM).

Sidang tahap pemeriksaan lanjutan ini menghadirkan Direktur Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Toshio Kuwata, sebagai saksi dalam kasus dugaan persekongkolan Yamaha-Honda. Sejumlah pertanyaan pun disampaikan dalam sidang tersebut.

Anggota Majelis Komisi, Kurnia Sya'ranie, bertanya, mengapa KMI tidak memproduksi sepeda motor jenis skuter matik di Tanah Air. Mengingat, peluang pasar sepeda motor skutik di Indonesia sangat besar.

"Apa alasan Kawasaki tidak luncurkan motor matik di Indonesia? Matik diminati konsumen, kenapa tidak dikembangkan?" ujar Kurnia saat persidangan, Rabu 5 Oktober 2016.

Toshio menjelaskan, sampai saat ini, pihaknya tak memiliki teknologi untuk membuat sepeda motor jenis skuter matik.

"Bahkan, induk perusahaan kami tidak memproduksi matik. Karena itu, kami tidak mempunyai teknologi untuk membuat motor matik," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Kawasaki sampai saat ini juga tidak memiliki rencana memproduksi motor matik, meski potensinya di Indonesia sangat besar.

"Tidak ada rencana untuk motor matik. Karena, perusahaan kami produksinya motor-motor berukuran besar," katanya.

Menurut dia, Kawasaki pernah menjual sepeda motor jenis skuter matik, yakni J125 dan J300. Namun, keduanya merupakan produksi Kymco dan tidak dipasarkan di Indonesia.

"Pesan dari Kymco, tapi dengan merek Kawasaki. Dan itu diekspor ke Eropa," ujar dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP