TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Mudah Dongkrak Tenaga Mobil Diesel

Mobil diesel dikenal kurang bertenaga ketimbang mesin bensin.
Cara Mudah Dongkrak Tenaga Mobil Diesel
Bengkel spesialis mobil bermesin diesel. (Yasin Fadilah/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Saat ini, banyak pabrikan mobil mengeluarkan sebuah produk dengan dua varian mesin yakni diesel dan bensin. Meski populasinya masih kalah banyak dengan mobil bensin, namun jenis diesel tetap memiliki pencinta tersendiri dan keberadaannya pun tetap diperhitungkan.

Kurang banyaknya mobil diesel yang berada di jalan dinilai karena mesinnya yang kurang bertenaga. Akselerasinya pun dianggap tak segesit mobil bermesin bensin. Tak hanya itu, kebanyakan mekanik pun mengaku cukup kesulitan untuk melakukan tuning mesin diesel agar mendapatkan performa mesin yang benar-benar bagus.

Tetapi, kasus itu sepertinya hanya berlaku dahulu. Sebab saat ini pabrikan mulai coba melakukan sejumlah terobosan dengan menggunakan turbocharger atau supercharger yang membuat mesin diesel tak kalah gesit dengan mesin bensin. Lantas, bagaimana trik membuat performa mesin diesel lebih bertenaga?

Menurut Manager Bengkel Tekhnik Delta Turbo Diesel, Stefanus Herriejady, cara membuat mesin diesel tambah bertenaga cukup mudah, namun memang butuh biaya yang besar.

"Untuk mobil diesel yang lama bisa menambahkan turbo pada mesinnya, sedangkan untuk mobil baru di-upgrade turbonya. Turbo sendiri digunakan untuk menambah udara dan pembakaramnya, sehingga dapat membuat performa mesin diesel lebih baik lagi," kata Stefanus kepada VIVA.co.id, Rabu 5 Oktober 2016.

Untuk biaya, Stefanus menuturkan bervariatif. Tergantung komponen yang diganti dan penambahan suku cadangnya. "Untuk masalah harga tentu beragam, biasanya dibutuhkan biaya sebesar Rp15 juta hingga Rp20 juta dengan komponen yang diganti meliputi turbo, adaptor, pipa, serta spare part tambahan lainnya seperti camshaft. Tapi belum termasuk tuning," ujar dia.

Jika terlalu mahal, Stefanus pun menyediakan opsi lain agar performa mesin diesel bisa lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. "Bisa juga dengan mengganti filter udara. Tapi tidak separah upgrade turbo naiknya. Kalau di turbo bisa meningkatkan akselerasi hingga 300 daya kuda, sedangkan ganti filter hanya sedikit saja, kalau mau diganti bagusnya menggunakan filter K&N atau Hurricane," tutur dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP