TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Dokumen Bocor, Beginikah Desain Kawasaki R2?

Motor ini digadang-gadang merupakan adik Ninja H2.
Dokumen Bocor, Beginikah Desain Kawasaki R2?
Sketsa paten Kawasaki R2. (Cycleworld)

VIVA.co.id – Belakangan Kawasaki tengah gencar menyiapkan produk terbaru dengan nama R2. Motor itu diketahui merupakan kuda besi yang disiapkan sebagai 'adik' dari Kawasaki Ninja H2 bermesin supercharger yang meluncur beberapa waktu lalu. Sama seperti H2, Kawasaki R2 rupanya juga akan menggendong mesin supercharger.

Setidaknya fakta itulah yang terlihat pada sketsa sebuah dokumen Kawasaki yang bocor saat mengajukan paten motor tersebut. Demikian dilansir Cycleworld, Rabu 5 Oktober 2016. Disebutkan, nantinya R2 akan memiliki peranti penambah tenaga superchargher dan air intake yang lebih kecil dari Ninja H2.

Mengapa lebih kecil? Ya, lantaran mesin yang dibekali pada R2 tak sebesar model H2. Jika Kawasaki Ninja H2 menggendong mesin 1000cc, R2 hanya menggendong mesin berkapasitas 600cc. Dari dokumen paten juga disebut, jika peranti supercharger akan ditanam di bawah tangki.

Dengan begitu, boks udara bakal dirancang lebih besar dan memakan sebagian ruang tangki. Untuk mengatasi hal itu, Kawasaki kemudian membuat kapasitas tangki tetap sama seperti Ninja ZX-6R, namun dengan desain tangki yang dibuat memanjang ke belakang.

Kawasaki Ninja H2R.

Kawasaki Ninja H2R. FOTO: Visordown

Sementara itu dilansir Morebikes, desain R2 nampak seperti pengawinan antara H2R dengan ZX-6R. Setidaknya hal itu terlihat dari bagian fairing yang mirip ZX-6R dan sasis yang mengadopsi rangka teralis ala H2R. 

Jika mengacu pada keterangan President of Kawasaki Motorcycle & Engine Company, Kenji Tomida, pabrikan geng hijau itu akan membanjiri pasar otomotif roda dua dengan 12 model baru pada tahun 2017 dan 2018. Hal inilah dipercaya termasuk salah satunya model R2.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP