Jangan Biasakan Indikator Bensin Menyala, Ternyata Bahaya

Indikator bensin nyaris habis (atas).
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Beberapa orang masih menganggap remeh indikator bensin yang menyala, karena bahan bakar kendaraan hampir habis. Padahal, kebiasaan seperti itu dapat membuat mobil Anda cepat rusak. Kenapa bisa begitu?

Pria Nekat Lempat Korek ke Tangki Motor Sedang Isi BBM

Mobil-mobil baru saat ini, memang telah dilengkapi dengan indikator bensin yang berwarna kuning, itu sebagai pengingat bahan bakar akan habis. Servis Advisor bengkel resmi Honda, Ali mengatakan, sebaiknya mengisi bahan bakar jangan sampai indikator bensin menyala atau berkedip.

Ia mengatakan, kalau bensin sampai dibiarkan dalam keadaan kering, meskipun mobil masih bisa menyala, tetap saja akan merusak pompa bensin yang ada di dalam tangki. Apalagi, itu sering dilakukan berulang-ulang.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Karena, kalau sudah habis banget, kinerja pompa bensin jadi lebih besar untuk menghasilkan tekanan, agar bensin terus mengalir ke jalur injektor," ujarnya, saat ditemui VIVA.co.id di Honda Pondok Indah.

Kata dia, untuk sistem injektor sendiri tidak akan rusak. Tapi tetap saja, usahakan jangan sampai habis banget, meskipun untuk sekelas Honda Brio jika tinggal satu strip masih bisa menempuh jarak satu kilometer lebih. (asp)

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP
Motor Isi Bensin di SPBU.

Pemotor Ini Mendadak Viral saat Isi Bensin

Mengisi bensin merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh pengendara motor, ketika bahan bakar di dalam tangki akan habis. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari pa

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023