Ganti Kampas Kopling Avanza-Ertiga-Mobilio, Mahal Mana?

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Kopling merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya yakni menghubungkan dan mengurangi putaran mesin ke unit transmisi. Tanpa kopling, gigi transmisi tidak akan bisa masuk dengan mudah saat mobil pindah gigi persneling.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Umumnya, pada kondisi normal, kampas kopling bisa habis pada kisaran jarak tempuh 20.000 kilometer dan bila telah mencapai angka itu, maka gejala kampas kopling habis akan mulai terasa. Namun, dengan karakter pemilik mobil yang berbeda-beda, tentu membuat kopling mobil cepat rusak. 

Sekadar membandingkan, berapa sebenarnya biaya ganti kopling mobil keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV) dari Toyota, Honda, Suzuki, dan Daihatsu? Untuk menjawabnya, VIVA.co.id coba menyambangi beberapa diler resmi untuk membandingkan harga apabila pemilik mobil ingin melakukan pergantian.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Data menyebutkan, harga kampas kopling di berbagai diler resmi untuk beberapa tipe tergolong mahal. "Untuk kopling memang mahal, karena kan fungsinya cukup vital, di kami sendiri untuk satu set kopling mobil, misal Mobilio, Brio dan HR-V semuanya rata-rata sama harganya di kisaran Rp2,7 juta," kata Ayu, Kepala Bagian Spare Part Honda Arista Jatinegara, Jakarta Timur, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis 6 Oktober 2016.

Sementara untuk mobil Daihatsu, kisaran harga satu set kopling sangat bervariasi, mulai dari Rp1,3 juta untuk Xenia 1.000cc dan Rp1,7 juta Xenia 1.300 cc. "Untuk Terios kisarannya Rp1,6 juta dan Ayla di kisaran Rp1 juta satu set," kata Kepala Bagian Spare Part Daihatsu Matraman, Rahmat Saleh.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk Suzuki Ertiga, biaya yang harus disiapkan ketika ingin mengganti kampas kopling satu set yakni Rp1,5 juta. "Sedangkan Karimun satu set Rp900 ribu dan S-Cross Rp3,5 juta," kata Jumadi, Kepala Bengkel Suzuki Cempaka Putih.

Sedangkan Toyota Avanza, harga satu set kampas kopling yakni Rp1,35 juta dengan termasuk jasa pergantian di diler resmi yang ada di sekitar. "Komponennya yang diganti berupa kampas kopling Rp385 ribu, matahari Rp370 ribu, drug lager Rp195 ribu dan juga jasa Rp400 ribu," kata Indah, Kepala Mekanik Auto2000 Cikarang.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022