Harga Ganti Bumper Baru Avanza-Xenia-Ertiga

Menghilangkan penyok pada mobil.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Bumper mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi utama sebagai penahan mobil dari benturan saat terjadi tabrakan. Selain itu, bumper juga menjadi penghias estetika kendaraan agar tampak lebih baik.

Modal Rp75 Ribu Mobil Penyok Bisa Kembali Mulus

Namun, mengingat posisinya yang berada di bagian depan serta belakang mobil, bumper tentu menjadi komponen pertama yang sering terkena dampak kecelakaan. 

Lantas, apabila mengalami rusak, berapa dana yang perlu disiapkan untuk menggantinya? VIVA.co.id coba mencari sejumlah data di sejumlah diler pabrikan ternama seperti Toyota, Honda, Daihatsu dan Suzuki. Sengaja informasi lebih menggali pada model mobil keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV), karena memang yang paling banyak digunakan dan paling besar populasinya di Indonesia merupakan jenis tersebut.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Untuk bumper mobil Suzuki Ertiga, harga yang dipatok oleh diler ternyata sekira Rp889 ribu untuk bagian depan. "Untuk bagian belakang di kisaran Rp1,3 juta, ini bumpernya saja, belum termasuk dengan ongkos pemasangan," kata Kepala Mekanik Suzuki Cempaka Putih, Jumadi.

Sementara untuk bumper bagian depan Daihatsu Xenia, harganya sekira Rp930 ribu. "Sementara bagian belakang Rp1,35 juta untuk semua tipe," kata Rahmat Saleh, Kelapa Bagian Suku Cadang Daihatsu Matraman, Jakarta Pusat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Lain halnya dengan Honda Mobilio, di mana harga bumper yang dipatok oleh diler sekira Rp713 ribu untuk bagian depan dan belakang Rp640 ribu, belum termasuk jasa bongkar pasang. Sedangkan Toyota Grand Veloz harga yang dibanderol yakni Rp1,5 juta untuk bagian depan dan Rp1,3 juta untuk belakang.

"Harga tersebut belum termasuk cat dan juga pasang," kata Indah, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang.
 

Paula Varhoeven dan Baim Wong

Mobil Baim Wong Nabrak Tembok Sampai Penyok, Berapa Kerugiannya?

Mobil Baim Wong ditumpangi bersama dengan buah hati, Kiano dan Kenzo, menabrak tembok saat hendak keluar dari pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2023