TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Suku Cadang Mobil-mobil LCGC, Mana Paling Murah?

Ada Ayla, Agya, Brio dan Karimun.
Suku Cadang Mobil-mobil LCGC, Mana Paling Murah?
Mobil LCGC Toyota, Agya. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Persaingan dunia otomotif di Tanah Air saat ini semakin ketat di mana semua merek mencoba memberikan produk terbaru untuk menarik konsumen. Terbaru, Calya-Sigra hadir untuk bersaing dengan Datsun dari kalangan Low Cost Green Car (LCGC).

Sementara itu, sebelum Calya-Sigra hadir, selang penjualan LCGC dimulai dengan hadirnya mobil Agya-Ayla-Brio hingga terakhir Karimun yang harganya relatif murah. Ini menjadi bukti pasar Tanah Air menarik bagi semua produsen.

Tak hanya itu, brand otomotif juga tidak hanya menghadirkan mobil-mobil murah untuk masyarakat. Persaingan di suku cadang pun terus dilakukan untuk menjadi bahan pertimbangan para konsumennya.

VIVA.co.id mencoba menelusuri berbagai diler mobil perihal membandingkan harga suku cadang untuk keempat mobil murah. Mereka adalah Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun. Lantas, lebih murah mana?

Berdasarkan data yang dihimpun setelah menyambangi diler, VIVA.co.id menemukan perbedaan harga yang cukup kompetitif di antara keempat merek tersebut. Suzuki Karimun misalnya, dari segi harga suku cadangnya cukup murah dibandingkan kompetitor yang lainnya.

Untuk Spion, Suzuki memberikan banderol yang murah di kisaran Rp687 ribu satu sisi, sedangkan bumper depan juga belakang satu set Rp943 ribu.

"Untuk wiper blade Rp72 ribu, kopling satu set Rp900 ribu serta headlamp sekitar Rp430 ribu serta stop lamp Rp280 ribu," kata Jumadi, Kepala Bengkel Suzuki di Cempaka Putih kepada VIVA.co.id, Rabu, 5 Oktober 2016.

Sementara, untuk merek Daihatsu Ayla harga suku cadangnya pun cukup kompetitif, untuk spion misalnya, dibanderol Rp1,4 juta satu set, sedangkan wiper depan belakang satu set Rp118 ribu

"Kopling lebih murah Rp1 juta satu set, bumper depan belakang Rp960 ribu dan headlamp Rp400 ribu serta stoplamp Rp300 ribu," kata Kepala Bagian Suku Cadang Daihatsu Matraman, Jakarta.

Sedangkan Honda Brio, spion satu sisi di kisaran Rp950 ribu, untuk wiper Rp1,2 juta satu set depan belakang dengan rubber. "Komponen lainnya juga ada, misalkan headlamp Rp450 ribu dan stoplamp Rp300 ribu, bumper depan kisaran Rp713 ribu dan belakang Rp640 ribu," ujar Ayu, Kepala Bagian Suku Cadang Honda Arista Jatinegara, Jakarta Timur.

Terakhir, Toyota Agya, kembaran dari Ayla ini ternyata berbeda harga suku cadangnya. Untuk spion sendiri berkisar Rp1,45 juta satu set. "Sementara untuk wiper blade kisaran Rp492 ribu, sudah termasuk depan belakang dan juga karet," kata Indah, Kepala Mekanik Auto2000 Cikarang.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP