TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Efek Suku Cadang Imitasi Bagi Mobil?

Anda harus hati-hati dengan suku cadang imitasi ini.
Efek Suku Cadang Imitasi Bagi Mobil?
Kabin Grand New Avanza. (Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra)

VIVA.co.id- Tingginya penggunaan kendaraan, khususnya roda empat di Indonesia berpengaruh pada jumlah permintaan spare parts atau suku cadang. Hanya saja, suku cadang yang beredar saat ini tak hanya bawaan pabrik yang disebut genuine parts, tapi juga imitasi.

Hal ini juga yang terjadi pada mobil serbaguna Toyota Avanza dan Veloz. Ya, siapa yang tak kenal dua mobil itu, MPV dengan penjualan ritel tertinggi yang diminati lantaran perawatannya yang mudah dan lebih terjangkau. Suku cadang tersebar di mana-mana.

Sayangnya, dengan suku cadang yang sangat mudah dicari, meski di pelosok wilayah Indonesia, banyak yang memanfaatkan peluang ini. Mereka yang tak bertanggung jawab ini mengedarkan suku cadang imitasi yang tentunya merugikan konsumen.

Nah, sebenarnya bahayakah menggunakan suku cadang imitasi?

Head of Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor  Dadi Hendriadi menyarankan agar pemilik mobil tidak menggunakan suku cadang imitasi karena berbahaya bagi mobil.

"Kami tidak bisa menjamin kualitas dari parts imitasi. Bukan hanya akan merusak parts itu saja, tapi bisa jadi merembet pada komponen  lain," kata Dadi Hendriadi kepada VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Dan penggunaan suku cadang imitasi bakal lebih berbahaya apabila digunakan pada bagian-bagian fungsional. "Misalnya rem dan kopling, itu bisa sampai menyebabkan kecelakaan, " ujar dia.

Selain merusak, penggunaan suku cadang palsu juga akan membuat garansi mobil gugur, karena penggantian parts tidak sesuai standar yang dianjurkan.

Untuk itu, Dadi menganjurkan agar pemilik mobil menggunakan suku cadang asli untuk menjaga keselamatan pengemudi dan juga keamanan mobil.

"Untuk menjamin pelanggan dapat parts asli, kami anjurkan membeli dan memasang di bengkel resmi Toyota. Ini karena bengkel resmi mendapatkan parts langsung dari Toyota-Astra Motor ," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh kepala bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana. Menurutnya, tak ada jaminan kualitas pada suku cadang imitasi, karenanya, lebih baik menggunakan suku cadang asli sesuai rekomendasi pabrikan.

 "Genuine parts sudah terjamin kualitasnya,” katanya.

Toyota Avanza

Rocky Yonathan, kepala bengkel Auto2000 Toyota di Kebayoran juga mengatakan penggunaan suku cadang imitasi memang lebih terjangkau, tapi sangat berisiko.

"Apabila kerusakan akibat suku cadang imitasi justru biaya yang dikeluarkan lebih besar," kata dia.

Karenanya, bagi para pemilik Avanza dan Veloz, alangkah baiknya menggunakan genuine parts yang tersedia di bengkel-bengkel resmi. Sayangi mobil Anda agar Anda dan keluarga selamat, serta harga jual kembali juga tinggi.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP