TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Alasan Coating Cat Mobil Harganya Selangit

Rata-rata tarifnya Rp2,5-Rp3 juta per mobil.
Alasan Coating Cat Mobil Harganya Selangit
Poles mobil. (Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi)

VIVA.co.id – Belakangan ini, tren melapisi cat mobil dengan bahan khusus (coating) sedang digandrungi pengguna mobil premium. Sebab, cari ini yang dapat melindungi cat bodi mobil Anda tetap mengilap selama kurang lebih satu tahun.

Coating mampu melindungi bodi mobil dari paparan sinar ultra violet (UV) dan bercak air bekas hujan. Jadi, bodi mobil bersifat seperti daun talas, air akan mengalir dan tidak menimbulkan bekas.

Namun, harga yang ditawarkan untuk jasa coating ini tergolong mahal. Salon mobil rata-rata mematok harga Rp2,5-Rp3 jutaan. Kenapa bisa semahal itu?

Marketing dan Promosi Meguiars Indonesia, Yanuar mengatakan, harga jasa coating cukup tinggi karena bahan yang digunakan khusus dan prosesnya dilakukan tidak hanya sekali.

"Yang bikin mahal coating itu teknologinya. Karena, kandungan bahan kimia sudah disesuaikan untuk cat mobil. Polymer dan lain-lain," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta.

Sebagai gambaran, harga cairan coating produk Meguiars M188 mencapai Rp1,3 juta, dan itu isinya hanya 70 mililiter (ml). Kata dia, takaran sebanyak itu bisa digunakan untuk satu atau dua mobil.

Sementara itu, Technical Support Meguiars Indonesia, Deni Yohanes mengatakan, aplikasi coating pada bodi mobil ada beberapa langkah.

Pertama, cat harus digosok dengan kompon terlebih dahulu, agar membuka pori-pori cat. Setelah itu, dipoles dengan memakai alat.

Selanjutnya, menyemprotkan body solvent untuk mengangkat semua minyak dari sisa bahan poles. "Kalau sudah selesai, baru bisa aplikasikan cairan coating pada seluruh bodi," jelasnya.

Melapisi cairan coating menggunakan kain suede dan digosok ke bodi sampai warna pelangi muncul. Setelah itu, lap dengan micro fiber.

"Aplikasi cairan coating sudah selesai, harus didiamkan selama satu hari, agar kering atau mengeras. Itu sebabnya mobil harus diinapkan. Kalau dibawa jalan, debu bisa menempel," ungkapnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP