TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jasa Coating Cat Mobil Juga Rawan Penipuan

Jaminan coating hingga satu tahun dianggap berlebihan.
Jasa Coating Cat Mobil Juga Rawan Penipuan
Ilustrasi. Mencuci mobil. (www.toyota.astra.co.id)

VIVA.co.id – Coating atau pelapis cat mobil berfungsi untuk melindungi bodi mobil dari jamur bekas air atau lecet halus ketika mencuci mobil dengan cara yang tidak benar.

Tapi, sebelum Anda melakukan coating pada mobil kesayangan, baiknya ketahui dulu informasi yang satu ini.

Technical Support Meguiars Indonesia, Deni Yohanes mengatakan, jangan mudah tergiur dengan harga yang mahal dan tingkat kekerasan yang berlebih.

Menurutnya, harga mahal bukan jaminan. Jika ada coating dengan tingkat kekerasan sampai angka sembilan, itu terlalu keras dan bisa pecah. Jadi, kalau kena lontaran kerikil atau batu akan retak.

Menurutnya, lebih baik pilih coating yang lebih lembut, agar jika terkena batu tetap lentur. Meski sifat coating semakin lama akan mengeras, tapi ada batasannya.

"Saat ini, banyak sekali jasa coating yang menjamin sampai satu tahun lebih. Sepertinya itu berlebihan, karena tidak ada yang bisa menjamin dengan kondisi cuaca di Indonesia," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta.

Karena cairan coating rata-rata diimpor dari luar negeri, otomatis suhu dan cuacanya berbeda. "Meskipun Meguiars di Amerika bertahan sampai satu tahun, tapi di sini hanya delapan bulan," jelasnya.

Namun, waktu delapan bulan itu berlaku jika mobil tersebut tidak dirawat. "Kalau umurnya mau awet, pasti tetap dilakukan perawatan, dengan wax atau yang lainnya," ungkapnya.

Sebagai informasi, cara mengetahui sudah saatnya mobil diberi coating ulang adalah ketika bodi mobil sudah mulai berjamur lagi.

"Jamur bercak air itu menempel di coating, bukan di bodi. Itu yang disebut fungsi coating sudah tidak ada," ujarnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP