TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mitos Lepas Filter Udara Bikin Motor Kencang, Benarkah?

Justru lebih banyak negatifnya.
Mitos Lepas Filter Udara Bikin Motor Kencang, Benarkah?
Melepas filter udara motor (facebook )

VIVA.co.id – Bagi bikers yang sering melihat motor tanpa filter udara, mungkin merasa aneh. Namun, bagi kaum muda atau pun yang masih tinggal di daerah, melepas filter udara sepeda motor dianggap akan membuat kendaraan menjadi lebih kencang. Lantas, mitos atau fakta?

Untuk mengetahuinya, VIVA.co.id menanyakan kepada salah satu kepala mekanik WMS Honda, Sakti. Menurut sakti, rupanya anggapan itu tak sepenuhnya benar. Namun, Ia tak menampik bahwa melepas filter udara akan membuat nafas kendaraan menjadi panjang waktu di putaran gas atas. Namun, efek negatif justru lebih banyak.

"Memang bisa, tapi terlalu berisiko. Karena kan filter udara diperlukan oleh motor, tanpa filter udara, debu berpotensi masuk ke mesin dan membuatnya cepat rusak," kata Sakti kepada VIVA.co.id, Jumat, 7 Oktober 2016.

Selain itu, kata Sakti, melepas filter udara juga akan membuat tarikan motor menjadi berat dan bensin akhirnya menjadi boros. "Karena kan tidak ada saringannya, jadinya cepat boros, engine juga cepat rusak," ujar dia.

Untuk itu, Sakti menyarankan agar para pemilik tidak melakukan modifikasi yang membuat mesin cepat rusak. Kalau pun ingin menambah performa motor, dengan melakukan perombakan yang tentunya aman.

"Misalnya seperti mengganti CDI, ataupun dengan melakukan cara yang aman untuk membuat motor kencang," tutur dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP