TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Karet Kecil Ini Tentukan Kestabilan Mobil Anda

Bila rusak, maka kenyamanan dan kestabilan mobil jadi berkurang.
Karet Kecil Ini Tentukan Kestabilan Mobil Anda
Karet bushing mobil. (Elephantracing)

VIVA.co.id – Kenyamanan sebuah mobil tidak hanya dilihat dari kondisi shockbreaker, ball joint, tie rod, pelek, dan ban saja.

Ada komponen yang terbuat dari bahan karet, umumnya berwarna hitam dan berukuran kecil, yang juga sangat menentukan tingkat kestabilan mobil.

Komponen yang dimaksud adalah bushing. Hampir semua sambungan komponen yang bisa bergerak dilengkapi dengan bushing, mulai dari suspensi hingga mesin.

"Kalau dibiarin aus atau rusak, mobil jadi limbung dan pengendalian jadi kurang stabil," ujar Kepala Bengkel Lili Shockbreaker, Wawan, kepada VIVA.co.id, Jumat 7 Oktober 2016.

Ia mencontohkan, bushing stabilizer berfungsi sebagai pengikat sasis, serta penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Sedangkan bushing arm dipakai untuk meredam getaran yang berasal dari mesin dan suspensi.

Menurut Wawan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bushing cepat rusak.

"Panas suhu mesin, beban tambahan dan guncang­an keras saat menghantam lubang di jalan adalah beberapa contohnya," ungkapnya.

Bila sudah rusak, maka komponen ini harus segera diganti. Meski harganya tidak seberapa, namun proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus membongkar beberapa komponen lain. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP