Karet Kecil Ini Tentukan Kestabilan Mobil Anda

Karet bushing mobil.
Sumber :
  • Elephantracing

VIVA.co.id – Kenyamanan sebuah mobil tidak hanya dilihat dari kondisi shockbreaker, ball joint, tie rod, pelek, dan ban saja.

Kebakaran di Gambir, Puluhan Rumah dan Toko Onderdil Nyaris Ludes

Ada komponen yang terbuat dari bahan karet, umumnya berwarna hitam dan berukuran kecil, yang juga sangat menentukan tingkat kestabilan mobil.

Komponen yang dimaksud adalah bushing. Hampir semua sambungan komponen yang bisa bergerak dilengkapi dengan bushing, mulai dari suspensi hingga mesin.

Cari Onderdil Motor Lama Tak Lagi Susah

"Kalau dibiarin aus atau rusak, mobil jadi limbung dan pengendalian jadi kurang stabil," ujar Kepala Bengkel Lili Shockbreaker, Wawan, kepada VIVA.co.id, Jumat 7 Oktober 2016.

Ia mencontohkan, bushing stabilizer berfungsi sebagai pengikat sasis, serta penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Sedangkan bushing arm dipakai untuk meredam getaran yang berasal dari mesin dan suspensi.

Mobil Ini Dapat Garansi Seumur Hidup

Menurut Wawan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bushing cepat rusak.

"Panas suhu mesin, beban tambahan dan guncang­an keras saat menghantam lubang di jalan adalah beberapa contohnya," ungkapnya.

Bila sudah rusak, maka komponen ini harus segera diganti. Meski harganya tidak seberapa, namun proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus membongkar beberapa komponen lain. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya